Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan penalaran ilmiah melalui learning cycle 7E terintegrasi STEAM dan HOTS Assessment pada fluida statis / Patricius Ari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan penalaran ilmiah melalui learning cycle 7E terintegrasi STEAM dan HOTS Assessment pada fluida statis / Patricius Ari</p>

Ari, Patricius (2025) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan penalaran ilmiah melalui learning cycle 7E terintegrasi STEAM dan HOTS Assessment pada fluida statis / Patricius Ari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah merupakan dua kompetensi utama yang diperlukan siswa untuk menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21. Kemampuan berpikir kritis membantu siswa menganalisis mengevaluasi dan memecahkan masalah secara rasional sementara penalaran ilmiah mendukung siswa dalam memahami dan menghubungkan konsep-konsep ilmiah secara logis. Kedua kemampuan ini penting dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi fluida statis yang sering melibatkan perhitungan dan analisis yang kompleks. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah siswa pada materi fluida statis menjadi fenomena yang perlu diatasi mengingat materi ini membutuhkan analisis mendalam dan penerapan konsep dalam berbagai konteks. Hal ini terlihat dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih kesulitan dalam menganalisis permasalahan fluida statis dan mengembangkan argumentasi ilmiah yang logis. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan desain Embedded Experimental Model pada satu kelas XI IPA yang terdiri dari 35 siswa. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan tes penalaran ilmiah yang diberikan sebelum dan sesudah implementasi pembelajaran serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur dengan siswa dan catatan lapangan selama proses pembelajaran. Analisis data kuantitatif menggunakan uji statistik deskriptif dan uji parametrik seperti paired samples t-test untuk menilai pengaruh pembelajaran N-Gain untuk mengukur peningkatan keterampilan siswa dan Cohen rsquo s d-effect size untuk mengevaluasi dampak pembelajaran. sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi skor-skor respon siswa terhadap implementasi pembelajaran dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E terintegrasi STEAM dan HOTS Assessment mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah siswa. Peningkatan ini tercermin dari nilai rata-rata dari 24 92 menjadi 82 06 pada kemampuan berpikir kritis dan kemampuan penalaran ilmiah memperoleh nilai rata-rata dari 19 64 menjadi 82 06. Nilai N-Gain dari data kemampuan berpikir kritis dan penalaran ilmiah sebesar 0 76 dan 0 78 dengan kategori tinggi. Selain itu data kualitatif menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam aspek analisis masalah evaluasi bukti dan penarikan kesimpulan logis. Siswa juga menunjukkan peningkatan kemampuan dalam mengidentifikasi variabel merancang eksperimen dan menginterpretasi data. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi Learning Cycle 7E dengan STEAM dan penilaian HOTS efektif dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut pada pembelajaran fluida statis.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367641

Actions (login required)

View Item View Item