Pengembangan e-modul berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa pada materi usaha dan energi / Hidayatullah Hana Putra</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa pada materi usaha dan energi / Hidayatullah Hana Putra</p>

Putra, Hidayatullah Hana (2025) Pengembangan e-modul berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa pada materi usaha dan energi / Hidayatullah Hana Putra</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru fisika di Indonesia masih menghadapi kendala dalam proses pembelajaran seperti siswa yang kurang aktif dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah fisika dan beberapa pernyataan siswa yang mengatakan bahwa masih kurang yakin mnyelesaiakan masalah fisika jika dihadapkan pada soal-soal fisika. Media pembelajaran fisika yang digunakan juga masih belum terlalu menarik dan tidak didasarkan pada pemecahan masalah yang otentik. Selain itu keterampilan dan keyakinan siswa untuk menyelesaikan persoalan fisika masih menjadi sebuah masalah yang perlu diselesaikan. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada pengembangan e-modul berbasis PBL tentang usaha dan energi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika dan efisikasi diri siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini ada tiga yaitu 1) untuk mengetahui validitas dan kepraktisan e-modul berbasis PBL materi usaha dan energi yang dikembangkan 2) untuk mengetahui efektifitas pengembangan produk terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan 3) untuk mengetahui efektifitasnya terhadap efikasi diri siswa dalam menyelesaikan masalah usaha dan energi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R amp D) dengan rancangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation dan Evaluation) dalam proses pengembangannya (Sugiyono 2019). Sementara desain pretest-posttest control group design digunakan dalam proses penelitian uji kefektifitasan. Uji coba terbatas pada penelitian dan pengembangan ini dilakukan kepada 28 siswa kelas XI MIPA dan uji coba lapangan dilakukan pada 62 siswa kelas X MIPA (30 siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol) . SMA Negeri 1 Sumber Pucung Malang pada tahun akademik 2022/2023. Instrumen kuesioner digunakan dalam tes validasi dan kepraktisan sedangkan 5 soal esai pemecahan masalah fisika (alpha 0 688) digunakan sebagai instrumen ukur tes. Sedangkan angket dengan skala likert digunakan untuk mengukur efikasi diri siswa sebelum dan setelah menggunakan produk e-modul berbasis PBL. Analisis statistik deskriptif uji-t dan pengukuran N-Gain digunakan dalam penelitian ini. Hasil uji validitas dan uji kepraktisan menunjukkan bahwa e-modul fisika berbasis PBL yang dikembangkan mendapat skor 92% dan 73 93%. Uji efektivitas produk menunjukkan bahwa setelah menggunakan produk e-modul fisika berbasis PBL nilai rata-rata siswa kelas eksperimen menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hadil uji-t pada posttest juga menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis lebih lanjut juga menemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen meningkat pada kategori sedang (N-Gain 0 59) setelah menggunakan e-modul fisika PBL kami. Selanjutnya pada varibale efikasi diri hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa efikasi diri siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol setelah belajar dengan e-modul fisika berbasis PBL yang telah dikembangkan. Hasil uji-t juga menunjukkan adanya perbedaan efikasi diri dengan hasil uji t sebesar 0 00 (p lt 0 05). Peningkatan efikasi diri siswa kelas eksperimen memperoleh hasil 0 45 yang artinya sedang. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis PBL materi usaha dan energi dalam penelitian dan pengembangan ini dinyatakan valid praktis dan cukup efektif untuk digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa namun kurang efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa sarannya perlu adanya penelitian yang lebih lanjut dan fokus pada efikasi diri siswa serta bisa menggunakan media ataupun intrumen lain yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan efikasi dirinya dalam menyelesaikan masalah-masalah fisika khususnya di materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Apr 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367628

Actions (login required)

View Item View Item