Konstruksi physics teacher identity: studi eksploratif pada guru dan calon guru fisika / Firza Labiba Audah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi physics teacher identity: studi eksploratif pada guru dan calon guru fisika / Firza Labiba Audah</p>

Audah, Firza Labiba (2025) Konstruksi physics teacher identity: studi eksploratif pada guru dan calon guru fisika / Firza Labiba Audah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Physics Teacher Identity (PTI) berperan penting dalam membentuk cara guru mengajar mendidik mengambil keputusan serta beradaptasi dengan berbagai tantangan dalam pengajaran fisika. Memahami dinamika pembentukan dan perkembangan PTI ini dapat memberikan wawasan untuk meningkatkan kualitas pengajaran fisika serta mendukung perkembangan profesional baik bagi guru maupun calon guru fisika. Namun model PTI yang spesifik khususnya untuk calon guru fisika masih belum uniform. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi PTI guru fisika (2) mendeskripsikan karakteristik mahasiswa calon guru fisika berdasarkan item-item kuesioner PTI untuk calon guru fisika dan (3) mennyusun pilot model PTI calon guru fisika. Penelitian ini menggunakan mixed-methods dengan exploratory sequential design. Desain penelitian ini diterapkan karena masih terdapat gap pada penelitian-penelitian sebelumnya serta instrumen yang akan digunakan dalam penelitian belum tersedia. Penelitian diawali dengan melakukan observasi dan wawancara pada 5 guru fisika SMA Negeri di Kota Malang. Pemilihan partisipan dilakukan dengan memadukan purposive dan convenience sampling. Hasil yang didapat kemudian dianalisis secara kualitatif. Didapatkan beberapa aspek PTI guru-guru fisika diantaranya self-perception belief purpose and goal action possibility emotion subject matter of knowledge social context (yang memuat recognition dan role model) personal disposition agency dan action. Berdasarkan temuan pada penelitian kualitatif ini item-item kuesioner PTI untuk mahasiswa calon guru fisika dibuat dengan menyesuaikan konteks/ranah mahasiswa. Sebanyak 47 item kuesioner yang telah disusun diujikan kepada 60 mahasiswa tahun pertama kedua dan ketiga S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Setelah dilakukan uji validitas butir (Product-Moment) dan uji reliabilitas Cronbach rsquo s Alpha didapatkan 31 item valid dan reliabel. 31 item ini kemudian disebarkan kepada 205 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika. Hasil yang didapat dari analisis deskriptif adalah mahasiswa tahun ketiga memiliki PTI sebagai calon guru fisika yang lebih lsquo matang rsquo dibandingkan kedua angkatan lain ditunjukkan dengan dominasi jawaban positif dari angkatan ini. Untuk pembuatan pilot model PTI calon guru fisika yang fit dan layak untuk digunakan perlu dilakukan analisis faktor. Setelah dilakukan serangkaian analisis didapatkan pilot model yang terdiri atas 17 item yang masuk dalam 4 aspek PTI calon guru fisika. Aspek-aspek yang terbentuk yaitu aspek self- and social- perception agency belief serta purpose and goal.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Mar 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367626

Actions (login required)

View Item View Item