Djunaedy, Raka Pratama (2024) Kemampuan spasial siswa Kelas XI SMKN 5 Malang dalam menyelesaikan soal transformasi geometri / Raka Pratama Djunaedy</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan spasial adalah kemampuan individu untuk memahami dan memanipulasi objek dua maupun tiga dimensi. Kemampuan ini melibatkan proses membedakan posisi dan orientasi objek memvisualisasikan atau melihat komposisi suatu objek setelah dimanipulasi posisi dan bentuknya serta imajinasi perubahan posisi dan orientasi objek saat diputar. Kemampuan spasial dapat dikategorikan menjadi tiga komponen yaitu persepsi spasial yang terdiri atas dua indikator (1) siswa dapat menentukan proses perubahan kedudukan titik (secara tertulis) dengan tepat melalui berbagai macam transformasi geometri yang diberikan dan (2) siswa dapat menentukan dengan tepat unsur yang berubah dan yang tetap pada ruas garis (secara tertulis) melalui berbagai macam transformasi geometri yang diberikan visualisasi spasial yang terdiri atas dua indikator (1) siswa mampu memvisualisasikan (melalui penjelasan secara lisan) dengan tepat terkait perubahan kedudukan titik/garis setelah mengalami transformasi geometri dan (2) siswa mampu menggambarkan dengan tepat objek hasil dari transformasi geometri serta rotasi mental yang terdiri atas dua indikator (1) siswa mampu menentukan dengan tepat sudut putar serta arah perputaran objek berdasarkan permasalahan yang diberikan dan (2) siswa mampu melakukan rotasi dengan tepat dari permasalahan tanpa melalui proses perhitungan terlebih dahulu. Sehingga dengan penetapan indikator yang ada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial siswa kelas XI SMKN 5 malang dalam menyelesaikan soal transformasi geometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa hasil tes kemampuan spasial dan hasil wawancara. Penelitian dilaksanakan di kelas XI PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim) II yang terdiri atas 36 siswa pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil ulangan harian materi transformasi geometri terdapat 2 siswa kategori nilai ulangan tinggi 12 siswa kategori nilai ulangan sedang dan 22 siswa kategori tingkat nilai ulangan rendah. Selanjutnya diberikan soal kemampuan spasial kepada 36 siswa tersebut kemudian dipilih siswa yang memiliki kemampuan komunikasi baik. Sehingga didapatkan 6 subjek penelitian yang semuanya memiliki komunikasi yang baik dengan rincian 2 siswa kategori nilai ulangan tinggi 2 siswa kategori nilai ulangan sedang dan 2 siswa kategori nilai ulangan rendah. Proses penelitian dilanjutkan dengan melakukan wawancara pada subjek penelitian untuk menggali lebih mendalam mengenai hasil jawaban tes kepada subjek penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu subjek kategori nilai ulangan tinggi memenuhi semua indikator pada tiga kategori kemampuan spasial satu subjek kategori nilai ulangan tinggi lainnya hanya memenuhi semua indikator untuk kategori persepsi spasial dan visualisasi spasial satu subjek kategori nilai ulangan sedang hanya memenuhi semua indikator untuk kategori visualisasi spasial dan rotasi mental satu subjek kategori nilai ulangan sedang lainnya hanya memenuhi semua indikator untuk kategori visualisasi spasial dan semua subjek kategori nilai ulangan rendah hanya memenuhi semua indikator untuk kategori visualisasi spasial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |