Translasi representasi matematis Siswa SMP pada materi fungsi kuadrat ditinjau dari kemampuan matematis / Rizqi Febriana Safitri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Translasi representasi matematis Siswa SMP pada materi fungsi kuadrat ditinjau dari kemampuan matematis / Rizqi Febriana Safitri</p>

Safitri, Rizqi Febriana (2024) Translasi representasi matematis Siswa SMP pada materi fungsi kuadrat ditinjau dari kemampuan matematis / Rizqi Febriana Safitri</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika memiliki objek kajian abstrak sehingga perlu representasi matematis untuk memvisualisasikan dan mewujudkan gagasan matematis yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit. Representasi matematis terdiri dari berbagai bentuk yaitu representasi verbal simbolik grafik dan numerik. Dalam pembelajaran matematika perlu perubahan antar bentuk representasi yang disebut translasi representasi matematis. Translasi merupakan proses kognitif dimana representasi sumber bisa dirumuskan menjadi representasi target. Proses translasi terdiri dari 4 tahap yaitu 1) membongkar sumber 2) koordinasi awal 3) mengonstruksi target dan 4) menentukan kesepadanan. Proses translasi representasi matematis dipengaruhi oleh kemampuan matematis siswa. Kemampuan matematis merupakan kemampuan memperoleh dan memproses gagasan matematis serta menyelesaikan masalah matematis. Kemampuan matematis dibedakan menjadi 3 yaitu kemampuan matematis tinggi sedang dan rendah. Namun kemampuan translasi siswa tergolong rendah dan siswa mengalami kesulitan dalam melakukan translasi dari simbolik ke grafik yang dibuktikan dengan kesalahan interpretasi dan implementasi. Sementara itu hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa tidak dapat mengubah representasi simbolik menjadi grafik secara tepat pada materi fungsi kuadrat. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses translasi representasi matematis siswa SMP pada materi fungsi kuadrat ditinjau dari kemampuan matematis siswa tipe tinggi sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Huda Kota Malang pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini berjumlah 6 siswa dimana 2 siswa memiliki kemampuan matematis tinggi 2 siswa memiliki kemampuan matematis sedang dan 2 siswa memiliki kemampuan matematis rendah. Pemilihan subjek dilakukan berdasarkan pertimbangan guru matematika. Data penelitian diperoleh dari hasil tes translasi dan hasil wawancara. Data hasil penelitian dianalisis melalui 3 tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu prosedur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu 1) tahap persiapan (melakukan studi literatur dan studi pendahuluan menentukan lokasi penelitian menyusun dan melakukan validasi instrumen penelitian) 2) tahap pelaksanaan (memilih subjek penelitian memberikan soal translasi dan melakukan wawancara) dan 3) tahap penyelesaian (memaparkan hasil penelitian menganalisis data membuat kesimpulan dan menulis laporan akhir). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematis berbeda melakukan translasi representasi dari simbolik ke grafik melalui 4 tahap yaitu membongkar sumber koordinasi awal mengonstruksi target dan menentukan kesepadanan. Kelompok kemampuan matematis tinggi melakukan semua aktivitas di setiap tahap translasi dengan lengkap tetapi representasi target yang dibuat kurang tepat. Hal ini dikarenakan ada sedikit kesalahan pada proses translasi. Meskipun demikian kelompok kemampuan matematis tinggi menyadari kesalahan yang dibuat dan memperbaiki kesalahan tersebut. Kelompok kemampuan matematis sedang melakukan semua tahap translasi tetapi kurang lengkap. Hal ini dikarenakan ada 1 langkah pengerjaan pada tahap translasi yang terlewat dan ada kesalahan yang dibuat antara lain kesalahan substitusi kesalahan perhitungan dan kesalahan menentukan titik koordinat. Kesalahan-kesalahan tersebut memengaruhi representasi target yang dibuat oleh sebagian subjek pada kelompok kemampuan matematis sedang sehingga menyebabkan ketidaktepatan dalam membuat representasi target. Sementara itu kelompok kemampuan matematis rendah melakukan semua tahap translasi tetapi ada tahap translasi yang masih belum selesai dan ada banyak kesalahan pada setiap tahapan. Kesalahan-kesalahan ini menyebabkan representasi target yang dibuat tidak tepat. Ketidaktepatan representasi target menyebabkan ketidakmampuan sebagian subjek pada kelompok kemampuan matematis sedang dan kelompok kemampuan matematis rendah untuk menunjukkan kesesuaian representasi target dengan representasi sumber. Dalam penelitian ini kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh kelompok kemampuan matematis tinggi sedang dan rendah dibedakan menjadi 3 jenis yaitu kesalahan interpretasi implementasi dan preservasi. Melalui proses translasi representasi dari simbolik ke grafik dapat diketahui heuristik yang digunakan oleh kelompok kemampuan matematis tinggi sedang dan rendah. Selain itu ada perbedaan cara yang dilakukan oleh kelompok kemampuan matematis tinggi sedang dan rendah dalam melakukan proses translasi. Perbedaan antara kelompok matematis tinggi dan sedang terletak pada cara menentukan kesesuaian representasi target dan representasi sumber. Sementara itu perbedaan kelompok matematis tinggi dan sedang dibandingkan dengan kelompok matematis rendah terletak pada cara menentukan titik potong sumbu horizontal pada tahap koordinasi awal. Dari hasil penelitian ini perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang proses translasi representasi pada jenis lain dan diperlukan juga suatu rancangan dan uji intervensi program pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan translasi representasi matematis pada siswa berkemampuan matematis yang berbeda. Sementara itu dalam pembelajaran matematika sebaiknya guru bisa menggunakan berbagai macam representasi teknologi dan memperbanyak latihan soal untuk meningkatkan kemampuan translasi representasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367603

Actions (login required)

View Item View Item