Analisis kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMP Negeri Kota Kediri / Yusuf Bachtiyar - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMP Negeri Kota Kediri / Yusuf Bachtiyar

Bachtiyar, Yusuf (2015) Analisis kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMP Negeri Kota Kediri / Yusuf Bachtiyar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bachtiyar Yusuf. 2015. Analisis Kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMP Negeri Kota Kediri. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd. M.Pd. Kata kunci analisis kebutuhan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) Tenaga kependidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolah dan untuk mencapai tujuan sekolah serta meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu tanpa adanya tenaga kependidikan proses pendidikan tidak akan berjalan dengan lancar. Tugas dan fungsi tenaga administrasi sekolah tidak dapat dilakukan oleh pendidik karena pekerjaan tenaga administrasi sekolah bersifat administrastif yang sifatnya khusus memerlukan keterampilan khusus sedikit yang memerlukan keahlian tertentu dan memerlukan kompetensi yang berbeda dengan kompetensi yang disyaratkan untuk pendidik (guru). Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan rasio jumlah tenaga administrasi dengan jumlah beban kerja yang ada di SMP Negeri Kota Kediri (2) mendeskripsikan jumlah proyeksi kebutuhan tenaga administrasi di SMP Negeri Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-proyektif berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil data empirik karena memproyeksikan jumlah TAS selama lima tahun ke depan. Jenis penelitian ini dapat dikatakan sebagai penelitian prediktif karena berupaya membuat proyeksi kebutuhan TAS di SMP Negeri di Kota Kediri. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Peneliti memperoleh data primer yang diperoleh dalam penelitian ini dari masing-masing SMP Negeri yang ada di Kota Kediri. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus Ratio trend dan Atrisi. Berdasarkan hasil analisis didapat hasil mengenai rasio jumlah tenaga administrasi sekolah dengan beban kerja di SMP Negeri Kota Kediri dapat diketahui SMP Negeri 1 Kota kediri rasio jumlah TAS dengan beban kerja adalah 1 4 dengan artian bahwa satu orang TAS mengerjakan empat pekerjaan SMP Negeri 2 Kota kediri rasio jumlah TAS dengan beban kerja adalah 1 3 dengan artian bahwa satu orang TAS mengerjakan tiga pekerjaan SMP Negeri 3 Kota kediri rasio jumlah TAS dengan beban kerja adalah 1 4 dengan artian bahwa satu orang TAS mengerjakan empat pekerjaan SMP Negeri 4 Kota kediri rasio jumlah TAS dengan beban kerja adalah 1 5 dengan artian bahwa satu orang TAS mengerjakan lima pekerjaan SMP Negeri 5 Kota kediri rasio jumlah TAS dengan beban kerja adalah 1 4 dengan artian bahwa satu orang TAS mengerjakan empat pekerjaan SMP Negeri 6 Kota kediri rasio jumlah TAS dengan beban kerja adalah 1 4 dengan artian bahwa satu orang TAS mengerjakan empat pekerjaan SMP Negeri 7 Kota kediri rasio jumlah TAS dengan beban kerja adalah 1 4 dengan artian bahwa satu orang TAS mengerjakan empat pekerjaan SMP Negeri 8 Kota kediri rasio jumlah TAS dengan beban kerja adalah 1 3 dengan artian bahwa satu orang TAS mengerjakan tiga pekerjaan. Proyeksi kebutuhan tenaga administrasi di SMP Negeri Kota Kediri Tahun 2015 sampai dengan 2019 mengalami peningkatan. Kebutuhan tenaga administrasi sekolah di SMPN 1 Kota Kediri mengalami peningkatan kebutuhan TAS pada bidang Sarpras Persuratan dan Pengarsipan Humas Perpustakaan dan Administrasi Umum. SMPN 2 Kota Kediri mengalami peningkatan kebutuhan TAS pada bidang Persuratan dan Pengarsipan Kesiswaan Perpustakaan dan Administrasi Umum. SMPN 3 Kota Kediri mengalami peningkatan kebutuhan TAS pada bidang Humas Kepegawaian Pembantu pelaksana dan Persuratan dan Pengarsipan. SMPN 4 Kota Kediri mengalami peningkatan kebutuhan TAS pada bidang Keuangan Persuratan dan Pengarsipan dan Pembantu pelaksana. SMPN 5 Kota Kediri mengalami peningkatan pada bidang Kesiswaan Humas Perpustakaan dan administrasi Umum. SMPN 6 Kota Kediri mengalami peningkatan kebutuhan TAS pada bidang kepegawaian dan sarpras. SMPN 7 Kota Kediri mengalami peningkatan kebutuhan TAS pada bidang Persuratan dan Pengarsipan Humas Pembantu Pelaksana dan Administrasi Umum. SMPN 8 Kota Kediri mengalami peningkatan kebutuhan TAS pada bidang Kesiswaan Kepegawaian dan Persuratan dan Pengarsipan. Saran dalam penelitian ini yang Pertama ditujukan kepada Dinas Pendidikan Kota Kediri yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tolak ukur perekrutan tenaga administrasi sekolah khususnya pada SMP Negeri di Kota Kediri. Kedua kepada Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Kediri yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan gambaran mengenai kebutuhan TAS yang sejauh ini masih mengalami kekurangan tenaga administrasi yang berakibat adanya penambahan pekerjaan pada tenaga administrasi. Proyeksi penelitian ini dapat dipertimbangkan sebagai pengajuan penambahan tenaga administrasi di masing-masing jenjang SMP Negeri. Ketiga kepada Tenaga Administrasi Sekolah yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan terutama dalam hal optimalisasi dan tanggungjawab terhadap pekerjaan yang dikerjakan. Keempat kepada peneliti lain hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya terutama tentang analisis jabatan/pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item View Item