Pengembangan modul interaktif berbantuan canva menggunakan model pembelajaran treffinger pada materi trigonometri / Didit Fajar Hidayat</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul interaktif berbantuan canva menggunakan model pembelajaran treffinger pada materi trigonometri / Didit Fajar Hidayat</p>

Hidayat, Didit Fajar (2024) Pengembangan modul interaktif berbantuan canva menggunakan model pembelajaran treffinger pada materi trigonometri / Didit Fajar Hidayat</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayat Didit Fajar. 2024. Pengembangan Modul Interaktif Berbantuan Canva Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Trigonometri. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Malang. Kata Kunci Modul interaktif Canva trigonometri model Treffinger ADDIE. Pendidikan memainkan peran penting dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi masa depan. Namun pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan terutama dalam kualitas. Salah satu bidang yang penting adalah matematika khususnya pentingnya materi trigonometri dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun seringkali menjadi tantangan bagi siswa. Buku siswa dinilai telalu kaku dengan banyak soal yang terlihat kurang menarik dalam pembelajaran dan Modul yang banyak digunakan saat ini masih belum dapat membuat siswa mampu dengan kemampuan sendiri dalam menyelesaikan permasalahan trigonometri. Treffinger merupakan isi dari modul sendiri dimana model tersebut lebih mengarahkan siswa kedalam konsep belajar kontekstual dengan contoh soal yang kontekstual juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif berbantuan Canva dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger pada materi trigonometri di SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R amp D) dengan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu Analysis Design Development Implementation Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X-B SMAN 10 Malang. Data dikumpulkan melalui lembar validasi oleh ahli tes hasil belajar angket respon siswa observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul interaktif berbantuan Canva valid praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa dalam mempelajari trigonometri. Validitas modul diukur melalui lembar validasi kepraktisan diukur melalui angket respon siswa dan keefektifan diukur melalui hasil tes belajar. Hasil validasi mendapatkan nilai 3 95 angket respon siswa 85% serta kentuntasan belajar 82%. Penggunaan fitur Canva yang mendukung konten visual dan interaktif sangat berguna dalam menjelaskan konsep trigonometri yang abstrak dan sulit dipahami hanya dengan teks. Desain yang menarik dan intuitif meningkatkan minat siswa untuk mempelajari materi yang disajikan. Modul ini dilengkapi dengan berbagai aktivitas belajar seperti soal latihan diskusi kelompok proyek mini dan di tambah dengan adanya barcode berisi video pembelajaran dan media interaktif dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis Dengan demikian modul ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi permasalahan pembelajaran trigonometri dan meningkatkan kualitas pendidikan matematika di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367598

Actions (login required)

View Item View Item