Novitasari, Diana (2024) Proses pemecahan masalah matematis siswa pada topik perbandingan ditinjau dari adversity quotient (AQ) / Diana Novitasari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemecahan masalah matematis merupakan upaya seseorang dalam menerapkan pengetahuan pemahaman dan menggunakan strategi tertentu untuk menentukan penyelesaian dari masalah matematika. Langkah-langkah Polya dalam penyelesaikan masalah adalah memahami masalah membuat rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu masalah sangat dipengaruhi oleh Adversity Quotient (AQ). AQ adalah kemampuan untuk bertahan terhadap masalah sehingga AQ digunakan sebagai tolak ukur seseorang dalam menghadapi masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah matematis siswa pada topik perbandingan ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Wates dengan memberikan angket ARP dan satu masalah matematis topik perbandingan. Dipilih 5 dari 22 siswa di kelas VIII-D yang termasuk Climber Camper dan Quitter sebagai subjek penelitian. Temuan pada penelitian ini adalah siswa Climber berkemampuan pemecahan masalah baik karena memenuhi 3 langkah Polya. Siswa Camper berkemampuan pemecahan masalah cukup karena memenuhi 2 langkah Polya. Sedangkan siswa Quitter memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah karena tidak ada langkah Polya yang terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |