Fitriana, Ika Wahyu (2024) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemfaktoran bentuk aljabar menggunakan prosedur newman beserta pemberian scaffolding / Ika Wahyu Fitriana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Matematika mempunyai peranan cukup penting untuk pendidikan dikarenakan dapat memberi bekal kemampuan berhitung dan memberi bekal kemampuan bernalar. Bernalar siswa dapat dilatih dengan menyelesaikan masalah. Penyelesaian masalah merupakan salah satu proses dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu penting untuk memberikan masalah kepada siswa. Tetapi fakta di lapangan menyatakan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil tes pendahuluan siswa satu kelas pada salah satu SMK Negeri di Kota Malang bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemfaktoran aljabar. Cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan siswa yaitu dengan menganalisis kesalahan siswa menggunakan teori Newman. Selain itu juga perlu mengetahui scaffolding yang diperlukan untuk membantu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan teori Newman berdasarkan skor tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ditentukan melalui skor tes yang diperoleh oleh siswa satu kelas pada salah satu SMK Negeri di Kota Malang. Subjek pada penelitian ini adalah tiga siswa yaitu 1 siswa kategori kemampuan matematika tinggi 1 siswa kategori kemampuan matematika sedang dan 1 siswa kategori kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pemfaktoran aljabar dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga subjek dengan kategori tinggi kategori sedang dan kategori rendah tidak melakukan kesalahan pada tahap membaca soal. Pada tahap kesalahan memahami soal hanya siswa berkemampuan rendah yang melakukan kesalahan. Pada tahap kesalahan keterampilan proses siswa berkategori sedang dan rendah melakukan kesalahan. Pada tahap kealahan menulis jawaban akhir siswa berkategori sedang dan rendah melakukan kesalahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |