Strategi program "bimbingan belajar malam" dalam meningkatkan prestasi ujian nasional di SMA Wahidiyah Kota Kediri / Anis Latifatul Badriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi program "bimbingan belajar malam" dalam meningkatkan prestasi ujian nasional di SMA Wahidiyah Kota Kediri / Anis Latifatul Badriyah

Badriyah, Anis Latifatul (2015) Strategi program "bimbingan belajar malam" dalam meningkatkan prestasi ujian nasional di SMA Wahidiyah Kota Kediri / Anis Latifatul Badriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Badriyah Anis L. 2015. Strategi Program Bimbingan Belajar Malam dalam Meningkatkan Prestasi Ujian Nasional di SMA Wahidiyah Kota Kediri. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M. Pd. (II) Wildan Zulkarnain S. Pd. M. Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran bimbingan belajar prestasi peserta didik. Program Bimbingan Belajar Malam adalah program bimbingan belajar yang diadakan untuk peserta didik kelas XII menjelang UN selama 40 hari pada saat malam hari. Lokasi pelaksanaan berada di luar ruangan dan metode pembelajaran yang diterapkan tutor sebaya diskusi debat dan peer teaching. Kondisi seperti ini membuat peserta didik nyaman dalam belajar sehingga materi akan mudah dipahami. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup proses program evaluasi pelaksanaan faktor pendukung faktor penghambat dan solusi pemecahan masalah serta tanggapan peserta didik terhadap implementasi Bimbingan Belajar Malam di SWA Wahidiyah Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Jalan K.H. Wahid Hasyim Kel. Bandar Lor Kec. Mojoroto Kota Kediri. Data penelitian berupa paparan proses program Bimbingan Belajar Malam dan hasil prestasi peserta didik khususnya nilai UN. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data display data dan verifikasi data. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data kecukupan referensial pengecekan keanggotaan dan ketekunan pengamat. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat temuan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama masalah proses program Bimbingan Belajar Malam. Bimbingan Belajar Malam diadakan 40 hari menjelang UN pada saat malam hari. Lokasi pelaksanaan di lapangan dan koridor sekolah selain itu pakaian yang dikenakan bebas. Metode pembelajaran tutor sebaya dengan membentuk kelompok-kelompok kecil atau biasa disebut dengan pembelajaran kooperatif. Hal ini dirancang sedemikian rupa agar peserta didik nyaman dalam belajar sehingga materi pelajaran dapat terserap dengan baik. Kedua masalah evaluasi pelaksanaan program Bimbingan Belajar Malam. Evaluasi mengenai pelaksanaan program dilakukan dengan memberikan angket kepada peserta didik pada akhir semester. Selain itu Kepala Sekolah juga sering melakukan survey pada pelaksanaan Bimbingan Belajar Malam. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setiap dua minggu sekali sekolah melakukan tryout lokal dan tryout dari Dinas. Tindakan sekolah tersebut dilakukan untuk dijadikan bahan rapat sekolah sehingga apabila ada kendala akan segera diambil tindak lanjut. Ketiga masalah faktor pendukung dan faktor penghambat serta pemecahan masalah program Bimbingan Belajar Malam. Faktor pendukung Bimbingan Belajar Malam yaitu metode pembelajaran tutor sebaya diskusi debat peer teaching pakaian yang dikenakan bebas dan sopan serta lokasi pelaksanaan di lapangan mampu membangkitkan semangat peserta didik dalam belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari peserta didik ada yang tidak masuk orangtua peserta didik yang tidak mondok sering was-was apabila putra-putrinya berangkat dan pulang malam-malam terdapat guru yang berhalangan hadir dan ketika hujan pelaksanaan Bimbingan Belajar Malam tidak dapat dilaksanakan di luar ruangan. Pemecahan masalahnya antara lain (1) pemecahan masalah untuk peserta didik yang terlambat dan tidak masuk yaitu guru akan memberikan sanksi sesuai perjanjian yang telah disetujui bersama peserta didik (2) sedangkan pemecahan masalah untuk orangtua peserta didik yang tidak mondok sekolah memperbolehkan peserta didiknya mondok selama Bimbingan Belajar Malam dilaksanakan (3) pemecahan masalah untuk guru mata pelajaran sekolah sudah memberikan tanggung jawab kepada semua guru mata pelajaran untuk turut serta dalam pelaksanaan Bimbingan Belajar Malam sehingga apabila ada guru yang berhalangan hadir pelaksanaan Bimbingan Belajar Malam akan tetap berjalan (4) selain itu untuk mengatasi apabila terjadi hujan pelaksanaan Bimbingan Belajar Malam akan dilaksanakan di koridor sekolah maupun ruang kelas. Sehingga pelaksanaan Bimbingan Belajar Malam akan tetap berjalan dengan baik. Keempat masalah tanggapan peserta didik terhadap implementasi program Bimbingan Belajar Malam. Berdasarkan hasil penelitian terkait tanggapan peserta didik dapat diketahui bahwa peserta didik sangat antusias terhadap pelaksanaan Bimbingan Belajar Malam. Dilihat dari segi waktu tempat metode pembelajaran media pembelajaran serta suasana pada pelaksanaan Bimbingan Belajar Malam menurut mereka sangat menyenangkan dan dapat membangkitkan semangat dalam belajar. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan bagi (1) Dinas Pendidikan Kota Kediri hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian terhadap persoalan pendidikan peningkatan mutu pendidikan dan memberi solusi terhadap masalah dalam pendidikan khususnya dalam prestasi peserta didik (2) Sekolah diharapkan lebih meningkatkan manajemen program Bimbingan Belajar Malam yang dirasa kurang maksimal seperti lampu penerangan diharapkan untuk ditambah lagi dan menggunakan meja lipat agar peserta didik dapat membaca tulisan dengan jelas dan nyaman dalam belajar (3) Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi tentang program bimbingan belajar (4) peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan dan menuntaskan keterbatasan peneliti yaitu belum dapat menggali informasi tentang keefektifan dan efisiensi pelaksanaan Bimbingan Belajar Malam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3675

Actions (login required)

View Item View Item