Pengaruh prestasi belajar matakuliah prasyarat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kompetensi mengajar mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Menengah Kejuruan se-kota Malang / Yunas Wido Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh prestasi belajar matakuliah prasyarat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kompetensi mengajar mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Menengah Kejuruan se-kota Malang / Yunas Wido Nugroho

Nugroho, Yunas Wido (2014) Pengaruh prestasi belajar matakuliah prasyarat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kompetensi mengajar mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Menengah Kejuruan se-kota Malang / Yunas Wido Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugroho Yunas Wido. 2013. Pengaruh Prestasi Belajar Matakuliah Prasyarat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kompetensi Mengajar Mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Menengah Kejuruan se-Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si.Ak (2) Makaryanawati S.E. M.Si Ak. Kata Kunci Prestasi Belajar Matakuliah Prasyarat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Kompetensi Mengajar Mahasiswa Kompetensi mengajar merupakan kemampuan tugas mengajar atau mendidik baik secara kualitatif maupun kuantitatif untuk memenuhi spesifikasi tertentu dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan yang diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan. Pelatihan yang ditempuh mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mengajar adalah melalui perkuliahan PPL. PPL merupakan kegiatan yang menjadi muara bagi semua kuliah yang ditempuh selama kuliah sebelumnya sebab PPL menunjukkan kemampuan mahasiswa peserta PPL untuk menerapkan teori yang diterima selama kuliah yang sudah ditempuh terhadap keadaan yang sebenarnya yaitu di lingkungan sekolah. Prestasi belajar matakuliah prasyarat PPL yang diperoleh mahasiswa selama belajar di perkuliahan meliputi prestasi belajar MPK MKK dan MKB. Prestasi tersebut merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mahasiswa melakukan PPL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar matakuliah prasyarat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kompetensi mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan(PPL) baik secara parsial maupun secara simultan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi yang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada semester gasal 2012/2013 di SMK se-Kota Malang. Metode pengumpulan data dengan cara menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari survey dan Kartu Hasil Studi mahasiswa PPL. Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dapat dibuktikan bahwa prestasi belajar Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) dan Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) berhubungan terhadap kompetensi mengajar mahasiswa PPL baik secara parsial maupun simultan dengan nilai sig 0 05. Berdasarkan penelitian ini maka bagi peneliti yang melakukan penelitian sejenis disarankan agar menambah variabel lain yang berhubungan seperti motivasi belajar dan kemampuan bersosialisasi. Bagi sekolah disarankan untuk dapat menerapkan pengetahuan baru yang diperoleh dari mahasiswa PPL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36748

Actions (login required)

View Item View Item