Pengaruh analisis kebangkrutan model Altman (Z-score), EVA (Economic Value Added), MVA (Market Value Added) terhadap harga saham (studi kasus pada perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 tahun 2010-2011) / Mas Agus M. Aqib

Aqib, Mas Agus M. (2014) Pengaruh analisis kebangkrutan model Altman (Z-score), EVA (Economic Value Added), MVA (Market Value Added) terhadap harga saham (studi kasus pada perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 tahun 2010-2011) / Mas Agus M. Aqib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

M Aqib, Mas Agus. 2013. Pengaruh Analisis Kebangkrutan Model Altman (Z-Score), Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) terhadap Harga Saham (Studi pada perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 tahun 2010-2011). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri malang. Pembimbing: (1) Dr. Sunaryanto M. Ed (2) Dr. Tuhardjo SE, M. Si, Ak Kata Kunci : Analisis Kebangkrutan Model Altman (Z-Score), Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), Harga Saham Keterbukaan informasi keuangan perusahaan memegang peranan vital dalam aktivitas perdagangan saham karena informasi keuangan merupakan basis pengambilan keputusan investasi bagi para investor. Salah satu informasi yang bisa digunakan investor dalam menilai suatu perusahaan adalah laporan keuangan. Sebelum membuat keputusan dalam berinvestasi saham, seorang investor perlu melakukan analisis terhadap laporan keuangan dengan menggunakan beberapa metode analisis kinerja perusahaan. Hasil analisis tersebut dapat mempengaruhi harga sekuritas perusahaan emiten di pasar modal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui berapa besar tingkat pengaruh analisis kebangkrutan model Altman (Z-Score), Economic Value Added (EVA), dan Market Value Added (MVA) terhadap harga saham pada perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 tahun 2010-2011. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda, di mana analisis ini menguji secara parsial pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Hasil uji statistik regresi linear berganda menunjukkan bahwa analisis kebangkrutan model Altman (Z-Score), Economic Value Added (EVA), dan Market Value Added (MVA) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang bisa diberikan untuk praktisi pasar modal dan perusahaan yaitu sebaiknya melakukan analisis kinerja keuangan dengan konsep Z-Score, EVA dan MVA sebagai pelengkap analisis rasio keuangan karena telah terbukti mampu mempengaruhi harga saham dan saran untuk penelitian selanjutnya adalah dengan mengembangkan variabel-variabel penelitian dan menambah jumlah sampel penelitian agar didapat hasil yang akurat dan representatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36746

Actions (login required)

View Item View Item