Islam, Alfi Ihyatul (2015) Manajemen pendidikan kewirausahaan berbasis produksi (studi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Plus Al Kautsar Malang) / Alfi Ihyatul Islam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Islam Alfi Ihyatul. 2015. Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Produksi (Studi Kasus di SDIT Plus Al Kautsar Malang). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Penddikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S. Sos. M. Pd. (II) Desi Eri Kusumaningrum S. Pd. M. Pd. Kata Kunci manajemen pendidikan pendidikan kewirausahaan unit produksi sekolah Pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu usaha sekolah memberikan pembelajaran kepada peserta didik untuk menanamkan life skill jiwa wirausaha dan nilai-nilai kewirausahaan. Jiwa wirausaha ini dapat ditanamkan sejak anak mengikuti proses pendidikan di sekolah dasar karena pada masa ini anak-anak sangat tanggap terhadap stimulus yang diberikan kepadanya. SDIT Plus Al Kautsar Malang merupakan salah satu lembaga pendidikan di tingkat dasar yang telah mengimplementasikan pendidikan kewirausahaan untuk menanamkan jiwa wirausaha keterampilan dan nilai-nilai kewirausahaan sejak dini kepada peserta didik agar kelak mereka mampu mengembangkan kesejahteraan hidup di masyarakat. Pendidikan kewirausahaan di SDIT Plus Al Kautsar Malang ini berbasis produksi dimana sekolah mempunyai unit produksi yang menghasilkan sari kedelai dan tahu serta mempunyai lahan yang memproduksi sayuran organik. Kegiatan produksi ini melibatkan peserta didik yang duduk di kelas 3 sampai 6 jadi merekalah yang mengelola menjaga hingga menjual. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu mulai dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi serta faktor penghambat dan pendukung kegiatan pendidikan kewirausahaan berbasis produksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengungkapkan kajian tentang pendidikan kewirausahaan dengan jenis penelitian studi kasus di SDIT Plus Al Kautsar Malangyang menyelidiki langsung kegiatan pendidikan kewirausahaan yang diikuti oleh peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumtasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan (credibility) dengan teknik triangulasi kecukupan bahan referensi dan pengecekan anggota. Pada analisis data dilakukan mulai dari tahap reduksi data display data dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu pertama masalah perencanaan kegiatan pendidikan berbasis produksi di SDIT Plus Al Kautsar Malang dengan melihat profil sekolah dan mengadakan rapat untuk membuat suatu program yang sesuai dengan tujuan dan melihat lingkungan sekolah. Sedangkan perencanaan dalam pembelajarannya sesuai dengan mata pelajaran yang disusun melalui RPP dan silabus. Kedua masalah pengorganisasian kegiatan pendidikan berbasis produksi. Tidak ada organisasi secara khusus dalam pelaksanaan kegiatan namun mengikuti organisasi sekolah yang terintegrasi dengan kegiatan yang saling berhubungan.Ketiga masalah pelaksanaan kegiatan pendidikan berbasis produksi. Pelaksanaannya dilakukan pembelajaran di dalam kelas yang terintegrasi ke dalam kurikulum. Sedangkan pelaksanaan pada keterampilan terdapat kegiatan produksi yang melibatkan peserta didik mulai dari kelas 3 sampai 6 untuk aktif mengikuti kegiatan mulai dari menyiapkan membuat merawat hingga memasarkan produknya. Kegiatan produksi ini ada tahu dan sari kedelai serta sayuran organik yang ditanam di lahan sekolah. Semua produksi yang dihasilkan sekolah tersebut sangatlah ramah lingkungan dan kaya akan manfaat bagi kesehatan hal tersebut disesuaikan dengan keadaan sekolah dan profil sekolah yang sudah mengikuti adiwiyata nasional. Keempat masalah pengevaluasian kegiatan pendidikan kewirausahaan berbasis produksi pengevaluasiannya secara sistem dikoordinasikan dengan pihak-pihak yang terkait dan dilaporkan ke Kepala Sekolah. Sedangkan untuk pembelajaran di kelas dievaluasi dengan adanya uji kompetensi tes lisan maupun tulisan. Kelima masalah faktor penghambat dan pendukung. Faktor penghambatnya adalah tugas untuk guru dan peserta didik yang cukup banyak padatnya jadwal sekolah tempat dan alat kegiatan produksi yang minimalis. Sedangkan faktor pendukungnya adalah semua pihak sangat mendukung dan sangat antusias terhadap kegiatan baik intern maupun ekstern. Berdasarkan hasil penelitian ini diberikan saran kepada beberapa pihak yaitu (1) Kepala SDIT Plus Al Kautsar Malang hendaknya menyediakan tempat yang lebih luas untuk kegiatan produksi agar kegiatan dapat berjalan secara maksimal dan tidak mengganggu ruang gerak peserta didik dan guru. (2) Kepala Bagian Humas SDIT Plus Al Kautsar Malang hendaknya menunjukkan kegiatan produksi tahu dan sari kedelai serta kebun organik kepada masyarakat luas pada saat kegiatan open house ataupun menceritakannya melalui majalah dan website sekolah agar masyarakat luas mengetahui bahwa SDIT Plus Al Kautsar Malang mempunyai kegiatan unggul yang khas dan unik dari sekolah lain.(3) Penanggungjawab kegiatan produksi/Guru SDIT Plus Al Kautsar Malang hendaknya mampu menubuhkan dan menjaga konsistensinya pada kegiatan produksi sehingga kegiatan dapat dijadwalkan dan dilaksanakan sesuai dengan tujuan sekolah. (4) Bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini hendaknya bisa digunakan sebagai bahan untuk menambah referensi yang memiliki keterkaitan dengan manajemen pendidikan kewirausahaan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar mengingat program ini belum banyak diterapkan di sekolah tingkat dasar.(5) Peneliti Lain hendaknya peneliti lain dapat melanjutkan keterbatasan peneliti yaitu belum dapat menggali informasi lebih dalam dari beberapa pihak di SDIT Plus Al Kautsar Malang mengenai manajemen pembelajaran kewirausahaan di dalam kelas yang terintegrasi ke dalam kurikulum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |