Pengembangan instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP / Aulia Ikhsana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP / Aulia Ikhsana</p>

Ikhsana, Aulia (2024) Pengembangan instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP / Aulia Ikhsana</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Evaluasi pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan instrumen. Instrumen asesmen memiliki peran penting dalam mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi sehingga memberikan gambaran terkait kemampuan berpikir siswa. Asesmen yang dirancang dengan baik memungkinkan siswa untuk menampilkan beragam kemampuan termasuk kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan observasi dan wawancara guru di salah satu sekolah SMP di Jambi ditemukan bahwa penilaian kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah tersebut masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa seringkali disebabkan karena siswa terbiasa mengerjakan soal-soal rutin. Asesmen yang selama ini digunakan guru dinilai belum optimal dalam memberikan pengalaman belajar bermakna bagi siswa. Dalam mengembangkan instrumen asesmen guru mengalami kesulitan terutama dalam membuat instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif matematis. Ditambah lagi belum banyak instrumen asesmen yang dirancang secara khusus untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kreatif matematis khususnya pada topik bahasan pola bilangan. Padahal salah satu materi matematika yang menuntut siswa untuk berpikir kreatif adalah pola bilangan. Penerapkan soal-soal yang bersifat terbuka (open-ended) dinilai dapat mendukung kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dikarenakan soal open-ended dinilai dapat mendorong siswa untuk berpikir terbuka dengan berbagai penyelesaian sehingga memunculkan kriteria berpikir kreatif kelancaran keluwesan dan kebaruan. Penelitian menunjukkan peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan kreativitasnya sehingga pengembangan instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif menggunakan soal open-ended yang berbasis konteks budaya sangat diperlukan. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam pembelajaran dapat memperkaya pemahaman siswa dan menjadikan pembelajaran menjadi lebih relevan dan bermakna. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memgetahui prosedur dan hasil pengembangan instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa research and development (RnD) yang dirancang untuk menghasilkan suatu produk berupa instrumen asesmen yang memenuhi kriteria berupa kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp (2013). Tahapan penelitian menurut Plomp terbagi menjadi 3 tahap yaitu (1) tahap investigasi awal (preliminary research) (2) tahap pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase) dan (3) tahap asesmen (assessment phase). Peserta didik SMP Negeri Kota Jambi Kelas IX-A sebanyak 29 orang yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara observasi tes kemampuan bepikir kreatif angket respon pengguna dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen asesmen kemampuan berpikir kreatif lembar angket respon guru dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian dan analisis kualitas produk menunjukkan bahwa instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dinyatakan layak karena memenuki kriteria validitas kepraktisan dan keefektifan. Hasil analisis tes kemampuan berpikir kreatif memberikan kualitas yang valid reliabel dan memiliki daya pembeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367383

Actions (login required)

View Item View Item