Berpikir reversibel dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif / Hakmi Rais Fauzan</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Berpikir reversibel dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif / Hakmi Rais Fauzan</p>

Fauzan, Hakmi Rais (2024) Berpikir reversibel dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif / Hakmi Rais Fauzan</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kemampuan berpikir reversibel siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Berpikir reversibel adalah kemampuan untuk membalikkan urutan kejadian atau mengatur arah pemikiran logis dari akhir untuk kembali ke titik awal. Dalam pembelajaran di sekolah berpikir reversibel penting bagi setiap siswa agar dapat menstimulasi pengetahuan dan pengalaman mental siswa di mana hal ini akan menguatkan mental siswa dalam menyelesaikan permasalahan. Dengan begitu berpikir reversibel memiliki manfaat dalam terbentuknya pemahaman dalam struktur berpikir siswa yang mana akan menjadikan pembelajaran siswa lebih bermakna. Di sisi lain ada perbedaan kemampuan berpikir reversibel di antara siswa. Perbedaan ini disebabkan oleh berbedanya cara siswa dalam memahami dan menangkap materi yang diajarkan selama proses pembelajaran atau yang lebih dikenal dengan istilah gaya kognitif. Gaya kognitif merupakan cara siswa dalam mengingat memperoleh dan mengolah informasi dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini berfokus pada gaya kognitif field dependent dan field independent. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan berpikir reversibel siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di kelas VIII H. Subjek penelitian adalah dua siswa yang dipilih dari masing-masing gaya kognitif field dependent dan field independent. Langkah pertama siswa diberikan instrumen GEFT (Group Embedded Figure Test) yang digunakan untuk mengidentifikasi gaya kognitif kemudian diberikan tes berpikir reversibel yang memuat materi persamaan linear satu variabel. Selanjutnya siswa yang dipilih sebagai subjek penelitian dilakukan wawancara sebagai pendukung untuk mengonfirmasi jawaban tertulis sehingga data yang diperoleh lebih dalam dan akurat. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Pelaksanaan analisis data dilakukan secara sistematis mulai dari mereduksi data menyajikan data dalam bentuk naratif dan menarik kesimpulan yang menjelaskan kemampuan berpikir reversibel siswa berdasarkan gaya kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent memenuhi ketiga aspek berpikir reversibel. Aspek negasi terlihat ketika siswa menggunakan inversi terhadap operasi terkait seperti membatalkan operasi pengurangan dengan penjumalahan. Aspek hubungan timbal balik yang setara terlihat ketika siswa melakukan pembagian di kedua sisi persamaan dengan nilai yang sama. Aspek kembali ke nilai awal setelah memperoleh hasil terlihat pada proses siswa memeriksa kembali jawaban yang diperoleh untuk memastikan kesesuaiannya dengan informasi yang ada pada soal. Siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya memenuhi dua aspek berpikir reversibel yaitu aspek negasi yang terlihat ketika siswa menggunakan inversi terhadap operasi terkait seperti membatalkan operasi penjumlahan dengan pengurangan dan aspek kembali ke nilai awal setelah memperoleh hasil yang terlihat ketika siswa kembali nilai awal dengan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. Akan tetapi siswa dengan gaya kognitif field dependent kurang yakin dengan hasil pekerjaannya hal ini dikarenakan adanya perbedaan jawaban yang diperoleh dengan informasi yang ada pada soal. Sedangkan aspek hubungan timbal balik yang setara sering terjadi kesalahan dan inkonsisten dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367366

Actions (login required)

View Item View Item