Putra, Muh. Hidayatullah Dwi (2025) Identifikasi self-regulated learning terhadap gejala psikologis kecemasan matematika pada siswa SMP / Muh. Hidayatullah Dwi Putra</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kecemasan matematika merupakan masalah signifikan dalam pendidikan yang mempengaruhi kinerja akademik dan motivasi siswa yang dipicu oleh persepsi negatif terhadap matematika yang dianggap abstrak sulit dan menakutkan. Akibatnya banyak siswa mengalami tekanan emosional kehilangan percaya diri bahkan menghindari pelajaran matematika. Self-Regulated Learning (SRL) menjadi salah satu solusi dengan membantu siswa mengelola waktu emosi dan strategi belajar secara mandiri. Dengan SRL siswa dapat secara aktif merencanakan memantau dan mengevaluasi proses belajar mereka sehingga meningkatkan kontrol diri manajemen waktu serta kemampuan untuk mengelola emosi dan menghadapi tantangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain fenomenologi untuk mendalami bagaimana SRL pada siswa dengan indikasi kecemasan matematika. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas IX.D SMP Negeri 15 Malang yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan kategori kecemasan matematika rendah sedang dan tinggi. Data dikumpulkan melalui tes identifikasi kecemasan matematika angket kecemasan matematika dan wawancara semi-terstruktur. Tes digunakan untuk mengidentifikasi reaksi psikis siswa terhadap matematika sedangkan angket berfungsi untuk menentukan tingkat kecemasan mereka. Wawancara mendalam dilakukan untuk menggali SRL pada siswa. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan sehingga hasil analisis memberikan gambaran detail tentang SRL siswa dengan indikasi kecemasan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SRL bervariasi berdasarkan tingkat kecemasan matematika siswa. Siswa dengan kecemasan rendah menunjukkan pengelolaan SRL yang baik seperti menetapkan tujuan yang relevan memiliki strategi yang adaptif fleksibel memanfaatkan teknologi memanfaatkan waktu secara spontan dan melakukan evaluasi sederhana untuk mengenali kelemahannya dalam belajar. Siswa dengan kecemasan sedang menetapkan tujuan belajar dengan realistis dan terukur memiliki strategi belajar yang terstruktur dengan dukungan sosial dan manajemen emosi yang baik pengaturan waktu untuk menghindari penumpukan tugas serta pencarian bantuan dari teman atau guru saat menghadapi kesulitan. Sementara itu siswa dengan kecemasan tinggi memiliki penetapan tujuan belajar yang minimalis yang hanya berorientasi dengan hasil strategi belajar yang variatif dengan fokus pada hafalan pengaturan waktu pada keadaan mendesak evaluasi diri berdasarkan nilai ujian dan menggunakan metode baru jika diperlukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |