Afifah, Devi Nur (2025) Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended pada materi geometri / Devi Nur Afifah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum Merdeka Belajar adalah salah satu bentuk perkembangan pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini mulai diterapkan pada beberapa jenjang pendidikan di Indonesia mulai tahun 2021. Salah satu aspek penting yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran matematika dalam Kurikulum Merdeka Belajar adalah kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif erat hubungannya dengan pemecahan masalah matematis. Salah satu masalah matematis yang dapat dijadikan instrumen pengamatan kemampuan berpikir kreatif adalah masalah open-ended. Masalah Open-Ended merupakan soal atau permasalahan matematika di mana siswa diminta untuk menyelesaikan soal atau permasalahan tersebut dengan beberapa solusi atau langkah. Masalah open-ended memberikan siswa peluang untuk menjawab dengan berbagai solusi yang benar sehingga memungkinkan siswa mengeksplorasi berbagai solusi dengan pendekatan yang beragam. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas SMP Negeri 1 Puri siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang beragam. Hal ini ditunjukkan dari hasil jawaban tes 32 siswa pada saat observasi dengan diberikan masalah open-ended dengan materi geometri. Masalah yang diberikan merupakan soal dengan tipe open-ended tasks yang artinya soal memiliki banyak jawaban benar dan banyak strategi untuk mendapatkan jawaban tersebut. Hasil dari jawaban siswa menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki strategi dan hasil jawaban yang berbeda. Terdapat 19 siswa yang memiliki jawaban benar dan 16 siswa yang memiliki jawaban salah. Jawaban salah siswa rata-rata terjadi pada strategi awal yaitu pemahaman soal. Sedangkan dari 19 jawaban benar siswa juga memiliki perbedaan yang signifikan. Dari perbedaan strategi hingga perbedaan gambar sebagai hasil akhir. Berdasarkan hasil pengamatan awal tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian masalah open-ended dapat menunjukkan tingkat kreativitas siswa yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan masalah open-ended pada materi geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang telah mengerjakan masalah open-ended pada studi pendahuluan. Kemampuan berpikir kreatif subjek tersebut dikategorikan berdasarkan indikator berpikir kreatif. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan memberikan tes matematis dan wawancara. Indikator yang digunakan pada kemampuan beripikir kreatif meliputi kelancaran (fluency) keluwesan (flexibility) dan kebaruan (originality). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dikategorikan menjadi tiga tingkatan. Tingkat pertama yaitu siswa dengan kategori sangat kreatif siswa pada kategori ini merupakan siswa-siswa yang mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif. Selanjutnya terdapat kategori cukup kreatif kategori ini merupakan kumpulan siswa yang dapat memenuhi dua atau satu indikator berpikir kreatif. Kategori terakhir adalah tidak kreatif siswa pada tingkatan ini merupakan siswa yang tidak memenuhi indikator berpikir kreatif sama sekali. Berdasarkan pengamatan akhir pada 32 siswa dengan masalah open-ended pada materi geometri diperoleh jumlah siswa yang memenuhi kategori sangat kreatif berjumlah 8 orang (25%) kategori cukup kreatif berjumlah 18 orang (56 25%) dan kategori tidak kreatif berjumlah 6 orang (18 75%). Sehingga dari perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Puri mayoritas adalah cukup kreatif. Salah satu upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dapat dilakukan adalah pemberian masalah open-ended pernyataan ini sejalan dengan kenyataan bahwa masalah open-ended dapat mendorong siswa untuk mengeksplorasi pengetahuannya secara lebih mendalam menemukan pengalaman merangkai dan menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda dan bervariasi atau banyak cara yang sesuai sehingga tidak terfokus pada nilai saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |