Risit, Alexander Hendro (2025) Students` creativity in constructing quadratic functions throught pattern generalization/ Alexander Hendro Risit</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kreativitas adalah kemampuan siswa untuk memunculkan ide baru berdasarkan situasi awal. Fokus-fokus kreativitas dalam penelitian ini adalah objek-objek matematis yang menjadi perhatian khusus siswa ketika menyelesaikan tes kreativitas dan menghasilkan solusi kreatif. Generalisasi pola adalah proses penarikan kesimpulan yang didasarkan pada pengamatan terhadap kasus-kasus khusus. Terdapat tiga aspek kreativitas yaitu (1) kelancaran yang diukur melalui kemampuan siswa menghasilkan minimal dua jawaban yang benar (2) fleksibel yang diukur melalui kemampuan siswa menghasilkan minimal dua variasi ide dan benar dan (3) kebaruan yang diukur melalui kemampuan siswa memberikan ide matematis yang benar-benar baru berdasarkan hasil pemikirannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fokus-fokus kreativitas yang dimunculkan siswa dalam mengonstruksi fungsi kuadrat melalui generalisasi pola gambar dan mendeskripsikan cara siswa menggunakan fokus-fokus kreativitas tersebut dalam mengonstruksi fungsi kuadrat melalui generalisasi pola gambar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa berkategori kreatif yang dipilih dari dua puluh siswa kelas X SMA Islam Almaarif Singosari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kreativitas yang terdiri dari lima soal pola gambar yang berbeda-beda pada setiap item soal dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan ada tiga fokus kreativitas yang dimunculkan siswa dalam mengonstruksi fungsi kuadrat melalui generalisasi pola yaitu (1) fokus ke mempertimbangkan pola gambar sebagai bagian dari persegi atau persegi panjang yang utuh (2) fokus ke mempertimbangkan pola gambar sebagai bangun yang saling terpisah dan (3) fokus ke mempertimbangkan pola gambar sebagai bangun persegi yang saling beririsan. Selanjutnya cara siswa menggunakan fokus-fokus kreativitas dalam mengonstruksi fungsi kuadrat adalah sebagai berikut. (1) melalui fokus ke mempertimbangkan pola gambar sebagai bagian dari persegi atau persegi panjang yang utuh ada beberapa tahap yang dilakukan oleh siswa yaitu (a) mengidentifikasi pola (b) menggunakan luas persegi atau persegi panjang sebagai dasar generalisasi (c) melakukan penyesuaian terhadap bagian yang tidak sesuai (d) menyusun bentuk fungsi kuadrat (2) melalui fokus ke mempertimbangkan pola gambar sebagai bangun yang saling terpisah ada beberapa tahap yang dilakukan oleh siswa yaitu (a) mengidentifikasi pola (b) menggunakan luas persegi atau persegi panjang sebagai dasar generalisasi (c) menjumlahkan luas bangun yang saling terpisah (d) menyusun bentuk fungsi kuadrat dan (3) melalui fokus ke mempertimbangkan pola gambar sebagai bangun yang saling beririsan ada beberapa tahap yang dilakukan oleh siswa yaitu (a) mengidentifikasi pola (b) menggunakan luas persegi sebagai dasar generalisasi (c) melakukan penyesuaian terhadap bagian yang tidak sesuai (d) menyusun bentuk fungsi kuadrat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |