Farnila, Shinta Delly (2015) Hubungan kondisi sosial dan ekonomi dengan motivasi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMK Negeri se-kota Malang / Shinta Delly Farnila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Farnila Shinta Delly. 2015. Hubungan Kondisi Sosial dan Ekonomi dengan Motivasi Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di SMK Negeri se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agus Timan M.Pd (2) Ahmad Nurabadi S.Pd M.Pd. Kata kunci motivasi melanjutkan pendidikan kondisi sosial kondisi ekonomi Motivasi peserta didik untuk terus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi didorong oleh keinginan untuk berprestasi mencapai cita-cita bahkan memperbaiki kualitas hidup di masa mendatang tetapi semua itu tidak akan terwujud tanpa adanya kondisi sosial dan kondisi ekonomi orangtua yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMK Negeri se-Kota Malang (2) mendeskripsikan kondisi sosial peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang (3) mendeskripsikan kondisi ekonomi peserta didik di SMK Negeri se-Kota Malang (4) menguji hubungan antara kondisi sosial terhadap motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMK Negeri se-Kota Malang (5) menguji hubungan antara kondisi ekonomi terhadap motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMK Negeri se-Kota Malang dan (6) menguji hubungan antara kondisi sosial dan ekonomi terhadap motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMK Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMK Negeri se-Kota Malang dengan jumlah 6.181. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random dan teknik proportional random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 376 responden. Pengumpulan data menggunakan angket secara tertutup. Analisi data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif korelasi product moment pearson dan teknik analisis regresi ganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) peserta didik SMK Negeri se-Kota Malang mempunyai motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang tinggi (2) peserta didik SMK Negeri se-Kota Malang mempunyai kondisi sosial yang tinggi (3) peserta didik SMK Negeri se-Kota Malang mempunyai kondisi ekonomi yang cukup (4) ada hubungan yang signifikan antara kondisi sosial dengan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (5) tidak ada hubungan antara kondisi ekonomi dengan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan (6) ada hubungan antara kondisi sosial dan kondisi ekonomi dengan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Saran yang dapat diberikan antara lain (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang hendaknya memberikan pengarahan Kepala SMK Negeri se-Kota Malang untuk memberikan motivasi kepada para peserta didiknya agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (2) Kepala SMK Negeri se-Kota Malang hendaknya memberikan pengarahan kepada guru agar selalu mengoptimalkan kreativitasnya dalam mengajar sehingga peserta didik semakin meningkatkan minat belajarnya dan pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas berdaya saing memiliki skill dan tetap memiliki motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (3) peserta didik hendaknya menganggap kondisi sosial dan ekonomi bukan sebagai penentu yang paling utama maupun menjadi penghambat untuk menumbuhkan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (4) orangtua peserta didik hendaknya semakin termotivasi untuk terus meningkatkan sosial ekonomi khususnya agar dapat mendukung biaya pendidikan bagi anaknya sehingga anak dapat meningkatkan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi dan memberikan dorongan kepada anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan (5) peneliti lain hendaknya menambah variabel di luar variabel pada penelitian ini dan dapat juga menggunakan sampel sekolah lain dan menambah jumlah sekolah yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3672 |
Actions (login required)
View Item |