Pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi dengan strategi pemodelan / Nurul Hikma</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi dengan strategi pemodelan / Nurul Hikma</p>

Hikma, Nurul (2025) Pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi dengan strategi pemodelan / Nurul Hikma</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar menulis teks cerita fantasi dengan strategi pemodelan. Pengembangan bahan ajar didasarkan pada analisis kebutuhan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis teks cerita fantasi terutama dalam hal mencari ide membuat judul membuat tahapan alur dan mengembangkan tokoh. Kesulitan tersebut disebabkan oleh belum tersedianya bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran teks cerita fantasi. Strategi pemodelan dipilih karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh model berupa contoh dan tahapan dalam menulis teks cerita fantasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analisis (analyze) desain (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar menulis teks cerita fantasi dengan judul Menjelajahi Dunia Imajinasi yang terdiri dari tiga unit pembelajaran (1) memahami teks cerita fantasi (2) menulis teks cerita fantasi dan (3) menyunting teks cerita fantasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat layak diimplementasikan dengan perolehan rata-rata kelayakan isi 90% kelengkapan penyajian 96% komponen kebahasaan 85% penerapan keterampilan menulis cerita fantasi 89% dan kegrafisan 97%. Respon siswa terhadap bahan ajar juga menunjukkan hasil positif dengan perolehan rata-rata 84% (layak). Bahan ajar ini terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan mengembangkan keterampilan menulis teks cerita fantasi melalui strategi pemodelan yang sistematis dan terstruktur. Kebaharuan yang diperoleh dari pengembangan bahan ajar ini adalah penggunaan strategi pemodelan yang membantu siswa menulis cerita fantasi ilmiah dengan panduan dan contoh yang jelas. Dengan demikian siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis cerita fantasi secara bertahap dan terarah sesuai dengan tingkat kemampuannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367196

Actions (login required)

View Item View Item