Maulidia, Tsania Fitra (2025) Problematika dalam komunikasi bahasa Indonesia pelajar asing di Universitas Negeri Malang / Tsania Fitra Maulidia</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini berfokus pada problematika yang dihadapi oleh pelajar asing dalam belajar bahasa Indonesia di Universitas Negeri Malang yang berkaitan dengan memahami dan menyampaikan tuturan serta strategi yang dilakukan pelajar asing untuk mengatasi problematika tersbeut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pemahaman lebih lanjut tentang kendala komunikasi yang pelajar asing alami. Fokus penelitian ini mencakup tiga hal yaitu (1) problematika pelajar asing dalam memahami tuturan bahasa Indonesia (2) problematika pelajar asing dalam menyampaikan tuturan bahasa Indonesia dan (3) strategi pelajar asing dalam mengatasi problematika memahami dan menyampaikan tuturan bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi melalui interaksi dengan pelajar asing. Fokus penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi problematika pelajar asing ketika memahami dan menyampaikan tuturan bahasa Indonesia serta strategi yang digunakan untuk mengatasi problematika tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tiga temuan penelitian. Pertama pelajar asing menghadapi kesulitan dalam memahami tuturan bahasa Indonesia yang disebabkan oleh kecepatan berbicara penutur asli kosakata yang tidak baku atau slang kosakata budaya dan dialek daerah. Kedua pelajar asing mengalami kesulitan dalam menyampaikan tuturab bahasa Indonesia dalam hal pengucapan dan pelafalan pemilihan kosakata yang tepat dan penyusunan kalimat. Ketiga dalam mengatasi kesulitan pelajar asing menggunakan strategi penggunaan bahasa Inggris bahasa tubuh dan gambar atau visual untuk menjelaskan maksud tuturan yang ingin disampaikan oleh mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelajar asing menghadapi tantangan-tantangan dalam memahami dan menyampaikan tuturan bahasa Indonesia. Namun mereka juga menggunakan strategi agar hambatan-hambatan tersebut dapat teratasi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia bagi pelajar asing dan dapat membantu dalam merancang kurikulum serta metode pengajaran yang lebih adaptif dan kontekstual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |