Implementasi model diferensiasi dalam pembelajaran teks eksplanasi di kelas 3 SMP Lab UM, Kota Malang / Aulia Rachma Kusumawardani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model diferensiasi dalam pembelajaran teks eksplanasi di kelas 3 SMP Lab UM, Kota Malang / Aulia Rachma Kusumawardani</p>

Kusumawardani, Aulia Rachma (2025) Implementasi model diferensiasi dalam pembelajaran teks eksplanasi di kelas 3 SMP Lab UM, Kota Malang / Aulia Rachma Kusumawardani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusumawardani A. R. 2025. Implementasi Model Diferensiasi dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi di Kelas 3 SMP Lab UM Kota Malang. Tesis Departemen Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (2) Prof. Dr. Gatut Susanto M.M. M.Pd. Kata Kunci model diferensiasi eksplanasi materi ajar strategi asesmen Kemajuan teknologi saat ini memengaruhi pendidikan. Seluruh aspek dalam pendidikan seperti guru dan peserta didik dapat menggunakan teknologi sebagai pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Dalam era kemajuan teknologi saat ini semakin berkembang pula model-model pembelajaran yang digunakan untuk menghasilkan generasi muda yang inovatif dan mampu berpikir kritis dalam menjawab tantangan di masa depan. Salah model yang relevan untuk digunakan saat ini adalah model diferensiasi. Pembelajaran teks eksplanasi dengan model diferensiasi merupakan pembelajaran yang mengedepankan peserta didik dalam berbagai aspek guna mencapai tujuan pembelajaran. Dalam model ini guru mengusahakan untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas sesuai kebutuhan belajar setiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan problematika model diferensiasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia teks eksplanasi di kelas 3 SMP Lab UM Kota Malang yang terdiri dari tiga sub yaitu (1) implementasi model diferensiasi dalam materi ajar beserta problematikanya (2) implementasi model diferensiasi dalam strategi pembelajaran beserta problematikanya dan (3) implementasi model diferensiasi dalam asesmen pembelajaran beserta problematikanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Hal tersebut berkaitan dengan tujuannya yaitu menganalisis mengungkap dan memaparkan gambaran secara menyeluruh terkait implementasi model diferensiasi dalam pembelajaran teks eksplanasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan simpulan. Sumber data diperoleh dari hasil observasi terhadap dua kelas yaitu kelas 9-A dan 9-B. Selanjutnya melalui wawancara yang dilakukan dengan dua guru bahasa Indonesia kelas 9 dan dokumen pendukung penelitian lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengimplementasikan model diferensiasi dalam pembelajaran teks eksplanasi kelas 9 di SMP Lab UM Kota Malang. Berkaitan dengan fokus penelitian yang telah dirumuskan ditemukan tiga hasil sebagai berikut. Pertama implementasi model diferensiasi pada materi ajar ditemukan tiga indikator yaitu berdasarkan ragam bentuk dan topik. Selain itu modul ajar utama yang digunakan telah sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen dari Kemdikbudristek. Selanjutnya berkaitan dengan problematika dalam materi ajar terdapat tiga yaitu menyusun materi ajar yang lebih bervariasi mengalokasikan waktu dalam proses pembelajaran secara lebih maksimal dan membuat ragam versi materi ajar berdasarkan kelompok yang berbeda. Kedua implementasi model diferensiasi pada strategi pembelajaran ditemukan tiga indikator yaitu berdasarkan model bentuk dan jenis. Selanjutnya problematika yang dialami guru adalah mengalokasikan waktu baik dalam pembelajaran maupun pemahaman mendalam terkait karakter peserta didik dan mengondisikan/membagi fokus pada keseluruhan peserta didik. Ketiga implementasi model diferensiasi pada asesmen pembelajaran ditemukan empat indikator yaitu jenis bentuk fungsi dan tujuan pembelajaran. Selanjutnya problematika yang dialami guru dalam implementasi asesmen adalah bentuk asesmen yang digunakan masih belum fleksibel alokasi waktu dalam mengimplementasikan asesmen dan kurangnya pemahaman dalam merancang rubrik sesuai dengan tujuan pembelajaran teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 May 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367191

Actions (login required)

View Item View Item