Prameswari, Renanda Winar Galuh (2025) Pengembangan bahan ajar bipa bermuatan budaya Malang untuk pemelajar BIPA usia Sekolah Dasar / Renanda Winar Galuh Prameswari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
BIPA merupakan singkatan dari Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dalam hal ini kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa asing. Selain belajar bahasa pemelajar BIPA juga belajar mengenal budaya Indonesia. Model pembelajaran BIPA yang paling ideal adalah menggunakan pembelajaran bahasa berbasis budaya Indonesia. Anak-anak sebagai pemelajar bahasa memiliki karakteristik yang unik di mana pembelajaran harus disajikan hendaknya dengan cara yang menyenangkan interaktif dan kontekstual agar mereka dapat menyerap materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar BIPA yang bermuatan budaya Malang untuk pemelajar usia sekolah dasar. Pada era globalisasi kebutuhan pengajaran BIPA semakin meningkat terutama bagi anak-anak usia sekolah dasar yang membutuhkan pendekatan pembelajaran yang menarik kontekstual dan relevan. Muatan budaya lokal dalam bahan ajar diharapkan dapat menjadi sarana efektif untuk mengenalkan salah satu kekayaan budaya Indonesia sekaligus meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur asing. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan R2D2 yang meliputi lima tahapan utama yaitu Recursive Reflective Design dan Development. Penelitian ini menekankan pengembangan yang berulang dan reflektif sehingga menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pemelajar. Pada tahap analisis penelitian mengidentifikasi kebutuhan pembelajar dan mengumpulkan materi terkait budaya Malang seperti tradisi kesenian kuliner serta permainan tradisional. Tahap desain melibatkan penyusunan kerangka bahan ajar sesuai karakteristik pemelajar usia sekolah dasar. Pada tahap pengembangan bahan ajar dikembangkan menjadibahan ajar disertai ilustrasi dan aktivitas yang menarik. Validasi bahan ajar dilakukan dengan melibatkan ahli materi yaitu dosen BIPA dan praktisi kelas BIPA anak serta melibatkan ahli desain. Penelitian ini melalui uji coba peroarangan dan lapangan pada pemelajar usia sekolah dasar. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengevaluasi kualitas kelayakan dan daya tarik bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid menarik dan efektif. Modul ini tidak hanya membantu meningkatkan kompetensi bahasa Indonesia pemelajar tetapi juga memperkenalkan budaya lokal yang penting untuk dilestarikan. Secara keseluruhan bahan ajar ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan pengajaran BIPA yang lebih berbasis budaya lokal dan dapat digunakan sebagai model untuk mengembangkan bahan ajar serupa di wilayah lain. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam mendukung pelestarian budaya Malang melalui integrasi dalam pembelajaran bahasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |