Pengaruh persepsi wajib pajak atas realisasi drive thru dan tarif Pergub no. 39 tahun 2012 terhadap kepatuhan wajib pajak (studi pada Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap/SAMSAT Banyuwangi) / Novi Candra Wirani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi wajib pajak atas realisasi drive thru dan tarif Pergub no. 39 tahun 2012 terhadap kepatuhan wajib pajak (studi pada Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap/SAMSAT Banyuwangi) / Novi Candra Wirani

Wirani, Novi Candra (2014) Pengaruh persepsi wajib pajak atas realisasi drive thru dan tarif Pergub no. 39 tahun 2012 terhadap kepatuhan wajib pajak (studi pada Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap/SAMSAT Banyuwangi) / Novi Candra Wirani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wirani Novi Candra. 2014. Pengaruh Persepsi Wajib Pajak atas Realisasi Drive Thru dan Tarif PERGUB No.39 Tahun 2012 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap / SAMSAT Banyuwangi). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M. Pd. M.Si. Ak. CA (II) Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci drive thru tarif PERGUB No.39 tahun 2012 kepatuhan wajib pajak. Pendapatan Kabupaten Banyuwangi terbesar bersumber dari penerimaan pajak. Pajak sebagai alokasi pendapatan terbesar faktanya masih belum cukup optimal untuk mengatasi permasalahan ekonomi dan sosial yang dihadapai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia misal yaitu pada Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Salah satu solusi yang diambil sebagai langkah strategis untuk mengupayakan meratanya kontribusi PKB bagi masyarakat adalah dengan adanya peraturan baru mengenai Pajak Kendaraan Bermotor yaitu Peraturan Gubernur (PERGUB) No.39 tahun 2012 serta menetapkan fasilitas drive thru. Hal tersebut ditetapkan oleh Pemerintah Daerah hanya untuk mempermudah serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak bagi yang mempunyai kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara parsial apakah persepsi wajib pajak atas realisasi drive thru dan tarif PERGUB No.39 tahun 2012 berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi yang digunakan adalah wajib pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor yang telah membayar pajak kendaraan bermotor di drive thru SAMSAT Banyuwangi bulan Oktober 2013 sebanyak 481 orang. Sampel yang digunakan yaitu Wajib Pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor yang telah membayar pajak kendaraan bermotor di drive thru SAMSAT Banyuwangi bulan November 2013 sebanyak 35 orang dengan Convinience sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan analisis statistik regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi wajib pajak atas realisasi drive thru tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sedangkan persepsi wajib pajak atas tarif PERGUB No.39 tahun 2012 berpengaruh sebesar 44 3% terhadap kepatuhan wajib pajak. Keterbatasan penelitian ini adalah pernyataan-pernyataan yang disajikan dalam kuisioner kurang konsisten terhadap variabel yang digunakan sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil dari penelitian. Saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya yakni harus banyak referensi untuk menyusun pernyataan-pernyataan sehingga pernyataan yang dihasilkan dalam kuisioner lebih konsisten terhadap variabel yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36717

Actions (login required)

View Item View Item