Juniawati, N. Rinta (2025) Implementasi kurikulum montessori di TK Lovely Bee Montessori School Kota Malang / N. Rinta Juniawati</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan penopang dari kemajuan peradaban manusia. Proses awal dari pendidikan seorang manusia dimulai dari tahap usia dini yang dikenal sebagai masa emas (golden age) dalam tumbuh kembang anak di mana pada masa ini menjadi waktu krusial bagi proses pendidikan sehingga diperlukan sebuah penerapan kurikulum yang bermutu di satuan PAUD. Salah satu model kurikulum yang sedang berkembang di Indonesia dengan tren tinggi adalah kurikulum yang menggunakan metode Montessori. Salah satunya TK Lovely Bee Montessori School yang berada di Kota Malang. Riset ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kurikulum Montessori yang mencakup (1) kurikulum yang diterapkan di TK Lovely Bee Montessori School Kota Malang (2) implementasi kurikulum yang meliputi proses perancangan aktivitas pembelajaran serta evaluasinya dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum Montessori di TK Lovely Bee Montessori School Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian melibatkan kepala sekolah guru kelas wali murid dan sisw di TK Lovely Bee Montessori School Kota Malang. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara dan dokumentasi dengan peneliti sebagai instrumen utama. Analisis data dilakukan berdasarkan metode Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi penggunaan bahan referensi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan (1) TK Lovely Bee Montessori School Kota Malang mengadopsi kurikulum Montessori dalam proses pembelajarannya yang disusun dengan menggabungkan elemen-elemen kurikulum Nasional dan prinsip Montessori (2) Implementasi kurikulum dilakukan dengan mengintegrasikan konsep Montessori dengan kurikulum Nasional melalui penyusunan rencana pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh yayasan kepala sekolah dan guru selama satu semester dengan sistem penilaian yang sesuai dengan standar kurikulum Montessori dan kurikulum Merdeka (3) Faktor pendukung implementasi kurikulum diantaranya ketersediaan sarana dan prasarana yang lengkap komitmen sekolah dukungan orang tua guru yang terlatih dan lingkungan belajar yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi kurikulum antara lain alat peraga yang terbatas tingkat kemampuan guru yang bervariasi minimnya pemahaman orang tua tantangan pengelolaan kelas dan keterbatasan pelatihan yang berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/367083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |