Implementasi penggunaan media binatang hidup dalam pembelajaran untuk menstimulasi kecerdasan alam dan literasi anak di TK Petra 9 Wonocolo Surabaya / Martin Sidarta</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penggunaan media binatang hidup dalam pembelajaran untuk menstimulasi kecerdasan alam dan literasi anak di TK Petra 9 Wonocolo Surabaya / Martin Sidarta</p>

Sidarta, Martin (2024) Implementasi penggunaan media binatang hidup dalam pembelajaran untuk menstimulasi kecerdasan alam dan literasi anak di TK Petra 9 Wonocolo Surabaya / Martin Sidarta</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan literasi anak merupakan aspek krusial yang harus diperhatikan dalam perkembangan awal mereka karena literasi berfungsi sebagai landasan fundamental bagi pendidikan di jenjang-jenjang berikutnya. Di samping itu anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta ketertarikan yang besar terhadap binatang yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan mereka dalam menambah pengetahuan di bidang kecerdasan alami. Metode pembelajaran ini bertujuan untuk mengkaji metode pengembangan literasi dan kecerdasan alami anak dengan memanfaatkan hewan peliharaan sebagai media pembelajaran yang hidup memberikan pengalaman belajar yang nyata dan interaktif. Penelitian akan dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai teknik termasuk observasi dan dokumentasi wawancara serta studi pustaka. Wawancara dilakukan dengan guru kelas guna memperoleh informasi rinci mengenai perkembangan literasi dan kecerdasan alami anak sebelum dan sesudah mereka berinteraksi dengan hewan peliharaan. Subyek penelitian ini adalah anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun yang bersekolah di TK Petra 9 tepatnya di kelas B3 sehingga memungkinkan untuk melihat perkembangan dalam lingkungan pendidikan yang terstruktur. Metode pembelajaran ini telah melalui uji penilaian oleh narasumber ahli media dengan hasil sebesar 85 9% sementara ahli materi memberikan nilai sebesar 83 3%. Selain itu penilaian dari guru mencapai angka 95% yang menegaskan keandalan dan efektivitas racangan pembelajaran ini dalam konteks pembelajaran. Secara keseluruhan gabungan nilai dari para ahli mencapai 92% yang menandakan bahwa metode pembelajaran ini sangat baik efektif dan dapat digunakan tanpa perlu adanya perbaikan lebih lanjut. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penggunaan hewan peliharaan tidak hanya membantu dalam pengembangan literasi dan kecerdasan alami anak tetapi juga secara signifikan dapat meningkatkan semangat belajar mereka. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan deskripsi yang komprehensif mengenai peningkatan kemampuan literasi dan pengetahuan tentang hewan pada anak-anak melalui metode pengenalan hewan peliharaan secara langsung yang pada gilirannya akan mendukung proses pembelajaran yang lebih menyeluruh dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Dec 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367082

Actions (login required)

View Item View Item