Pengembangan buku cerita sains lingkungan untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis anak usia 5-6 tahun / Diana Friwahyuni</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku cerita sains lingkungan untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis anak usia 5-6 tahun / Diana Friwahyuni</p>

Friwahyuni, Diana (2025) Pengembangan buku cerita sains lingkungan untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis anak usia 5-6 tahun / Diana Friwahyuni</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan serta mengetahui tingkat kelayakan sekaligus keefektifan produk berupa buku cerita sains lingkungan untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis anak usia 5 hingga 6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode Research and Development (R amp D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert M. Branch dengan prosedur pengembangan Analysis Design Development Implementation and Evaluation. Penelitian ini melibatkan peserta didik Taman Kanak-kanak kelompok usia 5 hingga 6 tahun dari tiga sekolah Taman Kanak-kanak di Kabupaten Jember. sejumlah 30 anak sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara kuesioner dan juga observasi. Kelayakan produk dinilai oleh para validator yaitu seorang dosen ahli media satu orang ahli materi dan satu orang guru sebagai pengguna. Pelaksanaan ujicoba melibatkan tiga lembaga PAUD Taman Kanak-kanak di Kabupaten Jember. Uji keefektifan dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen berupa one group pre-test amp post-test design. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa produk dinyatakan sangat layak digunakan dengan rincian nilai kelayakan dari ahli media yakni rata-rata skor 4 75 dari ahli materi memperoleh rata-rata skor 4 57 dan pengguna memberikan rata-rata skor yaitu 4 78. Berdasarkan observasi selama uji coba dapat dilihat bahwa selama menggunakan produk anak terlihat sangat antusias menunjukkan keingintahuan yang lebih banyak tentang isi buku dan materi yang disampaikan serta aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Produk juga memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Pada pre-test dan post-test diperoleh hasil rata-rata skor gain keseluruhan 0 793 membuktikan bahwa produk mampu secara signifikan menaikkan tingkat kemampuan bernalar kritis anak usia 5 hingga 6 tahun sehingga dapat dinyatakan sangat efektif. Dengan demikian buku cerita sains lingkungan ini dapat menjadi pilihan dalam menentukan media pembelajaran yang layak dan efektif untuk meningkatkan kompetensi/kemampuan bernalar kritis anak dengan usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/367079

Actions (login required)

View Item View Item