Implementasi sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas rumah sakit (studi kasus pada Rumah Sakit Dri. Soedono Madiun dan Rumah Sakit Dharma Husada Probolinggo) / Heriberta Ardi Prianggita

Prianggita, Heriberta Ardi (2013) Implementasi sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas rumah sakit (studi kasus pada Rumah Sakit Dri. Soedono Madiun dan Rumah Sakit Dharma Husada Probolinggo) / Heriberta Ardi Prianggita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prianggita, Heriberta, Ardi. 2013. Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Rumah Sakit (Studi Kasus pada Rumah Sakit Dr. Soedono Madiun dan Rumah Sakit Dharma Husada Probolinggo). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si., Ak., (II) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci : Sistem informasi penerimaan kas, sistem informasi pengeluaran kas, pengendalian internal. Pengendalian internal diperlukan oleh setiap organisasi termasuk rumah sakit, untuk melindungi kas sebagai aset yang paling liquid dan mudah dibawa, sehingga mudah diselewengkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pengendalian internal tersebut terlaksana melalui sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas yang ada pada rumah sakit. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesesuaian sistem pengendalian internal pada sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada rumah sakit Dr. Soedono Madiun dan rumah sakit Dharma Husada Probolinggo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekkan keabsahan data yang peneliti lakukan yaitu menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik, bahan referensi, serta member check. Unsur sistem pengendalian intern pemerintah yang terlaksana melalui sistem informasi akuntansi yang terdapat pada Rumah Sakit Dr. Soedono Madiun yaitu 1) lingkungan pengendalian, 2) kegiatan pengendalian, serta 3) informasi dan komunikasi, sedangkan yang belum terlaksana yaitu unsur penilaian risiko, dengan demikian kondisi pada rumah sakit Dr. Soedono Madiun dimungkinkan adanya kejadian yang mengancam pencapaian tujuan dan sasaran instansi pemerintah. Sedangkan pengendalian intern swasta yang terlaksana melalui sistem informasi akuntansi yang terdapat pada pada Rumah Sakit Dharma Husada Probolinggo yaitu : 1) akses terhadap aktiva 2) penerikan garis tanggung jawab yang jelas, 3) pemisahan fungsi, 4) dokumentasi prosedur, dan 5) prosedur akuntabilitas. Keterbatasan pada penelitian ini adalah peneliti hanya melakukan penelitian pada bagian keuangan saja (yaitu bagian penerimaan dan pengeluaran kas). Saran yang bisa diberikan dalam penelitian ini adalah : 1) peneliti selanjutnya bisa melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada masing-masing bagian yang terkait (bukan hanya pada bagian keuangan, 2) Pada Rumah Sakit Dharma Husada sebaiknya : memiliki programisasi rumah sakit, seluruh penerimaan kas dari rawat jalan hendaknya disetorkan ke bank setiap hari, memiliki dokumen bernomor urut bercetak, dan memiliki laporan pertanggungjawaban terhadap penerimaan dan pengeluaran kas rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36686

Actions (login required)

View Item View Item