Peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 (studi kasus di SMAN 8 Malang) / Dina Astriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 (studi kasus di SMAN 8 Malang) / Dina Astriana

Astriana, Dina (2015) Peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 (studi kasus di SMAN 8 Malang) / Dina Astriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astriana Dina. 2015. Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd (II) Desi Eri Kusumaningrum M.Pd. Kata kunci peran kepala sekolah kurikulum 2013 Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan sangat penting. Peran kepala sekolah akan menentukan penerapan Kurikulum 2013 di sekolah akan berhasil ataukah sebaliknya karena bagaimanapun juga kepala sekolah yang memiliki kewenangan dalam menetapkan kebijakan yang akan diterapkan. Upaya kepala sekolah sebagai pemimpin dalam mempengaruhi warga sekolah untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 sangat diharapkan dapat tercermin dalam program-program yang dirancang sehingga pada kesimpulannya ketercapaian tujuan pendidikan sangat tergantung kepada kecakapan dan kebijaksanaan kepala sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan berapa hal yang mencakup peran kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran peran kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran dan peran kepala sekolah dalam evaluasi pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di SMA Negeri 8 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) teknik wawancara (2) teknik observasi dan (3) teknik dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa catatan lapangan dan alat dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah wakasek kurikulum dan guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik studi kasus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi (1) peran kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu mengadakan workshop memberikan sosialisasi Kurikulum 2013 dan mengadakan rapat penyusunan program tahunan (2) peran kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yaitu memberikan motivasi kepada guru dalam proses pembelajaran dan memberikan arahan sesuai dengan aturan yag ada dan (3) peran kepala sekolah dalam evaluasi pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu evaluator dan supervisor dimana kepala sekolah melakukan pengawasan dan pembinaan kepada guru secara terus-menerus. Berdasarkan kesimpulan peneliti maka disarankan (1) kepala sekolah memberikan wadah serta pemahaman yang belum dilaksanakan dalam peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 (2) para guru mengerti tentang Kurikulum 2013 serta dapat menerapkan di dalam pendidikan agar semua yang diperoleh tidak sia-sia serta dapat ditularkan kepada guru yang belum memahaminya (3) menjadi pertimbangan terhadap peran yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh pihak sekolah (4) menambah pengetahuan dalam kepemimpinan pendidikan khususnya mengenai peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dan (5) peneliti lain sebagai bahan untuk pengembangan riset pada peran kepala sekolah sebagai informasi tambahan yang berkaitan dengan pengetahuan tentang peran kepala sekolah yang efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3668

Actions (login required)

View Item View Item