Analisis perubahan tingkat kepatuhan wajib pajak sebelum dan sesudah pemberlakuan drop box (studi kasus pada KPP Pratama Malang Selatan) / Iva Nuriatul H. - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perubahan tingkat kepatuhan wajib pajak sebelum dan sesudah pemberlakuan drop box (studi kasus pada KPP Pratama Malang Selatan) / Iva Nuriatul H.

Hidayah, Iva Nuriatul (2013) Analisis perubahan tingkat kepatuhan wajib pajak sebelum dan sesudah pemberlakuan drop box (studi kasus pada KPP Pratama Malang Selatan) / Iva Nuriatul H. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nuriatul H Iva. 2012. Analisis Perubahan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Sebelum dan Sesudah Pemberlakuan Drop Box (Studi Kasus Pada KPP Pratama Malang Selatan). Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Puji Handayati S.E. M.Si. Ak (2) Sunaryanto SE. M.Ed Kata Kunci Perbedaan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Drop Box Drop Box adalah tempat penyampaian SPT Tahunan yang merupakan fasilitas pelayanan pajak yang diberikan oleh pemerintah melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan tujuan untuk memudahkan para wajib pajak dalam melaksanakan administrasi perpajakan. Jenis pelayanan SPT Tahunan yang dapat disampaikan melalui Drop Box DJP adalah SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi (1770SS 1770S dan 1770) dan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan (SPT 1771 dan SPT 1771S) termasuk SPT Tahunan Pembetulan. Pemberlakuan Drop Box tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip perpajakan yang dianut secara universal yaitu keadilan kemudahan dan efisiensi administrasi serta peningkatan dan optimalisasi penerimaan Negara dengan tetap mempertahankan sistem self assessment. Pemberlakuan Drop Box bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak sehingga dengan fasilitas ini diharapkan tingkat kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi perpajakannya akan semakin meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis uji t. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan. Obyek dari penelitian ini adalah penerimaan SPT Tahunan dan jumlah wajib pajak efektif periode Januari- April 2008 dan periode Januari-April 2010. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi untuk penerimaan SPT Tahunan dan jumlah wajib pajak efektif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah tidak terdapat perubahan yang positif tingkat kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan setelah pemberlakuan Drop Box. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya apabila akan mengambil masalah serupa peneliti selanjutnya bisa menambahkan faktor lain misalkan kebijakan Sunset Policy karena terbukti faktor pemberlakuan Drop Box bukanlah faktor yang berpengaruh banyak terhadap peningkatan tingkat kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan SPT Tahunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36675

Actions (login required)

View Item View Item