Pengaruh hari perdagangan terhadap return saham: pengujian Monday effect, Friday effect, dan week four effect di BEI (studi kasus pada perusahaan LQ-45 yang listing di BEI tahun 2010-2011) / M. Rizki Indra Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hari perdagangan terhadap return saham: pengujian Monday effect, Friday effect, dan week four effect di BEI (studi kasus pada perusahaan LQ-45 yang listing di BEI tahun 2010-2011) / M. Rizki Indra Putra

Putra, M. Rizki Indra (2013) Pengaruh hari perdagangan terhadap return saham: pengujian Monday effect, Friday effect, dan week four effect di BEI (studi kasus pada perusahaan LQ-45 yang listing di BEI tahun 2010-2011) / M. Rizki Indra Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra M. Rizki Indra. 2013. Pengaruh Hari Perdagangan Terhadap Return Saham Pengujian Monday Effect Friday Effect dan Week Four Effect di BEI (Studi Kasus pada Perusahaan LQ-45 yang Listing di BEI Tahun 2010-2011). Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Kata kunci Monday Effect Friday Effect Week Four Effect Return Saham Return merupakan imbalan atau hasil yang diterima investor yang menjadi motivasi dalam berinvestasi di pasar modal atas resiko yang dilakukannya. Adanya informasi yang beredar di pasar diinterpretasikan berbeda oleh para investor yang mempengaruhi return saham yang didapat oleh para investor. Terdapat perbedaan return yang terjadi diawal hari perdagangan dimana return saham mengalami nilai yang negatif tetapi di penutupan hari perdagangan return mengalami nilai yang positif. Perdebatan konsep hipotesis pasar efisien yang menjadi pro dan kontra oleh para praktisi bahwa semakin efisiensi pasar maka akan sulit bagi investor untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan investasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan hari perdagangan (monday effect dan friday effect) dan minggu perdagangan (week four effect) terhadap return saham.Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan LQ-45 yang berjumlah 90 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2011. Sampel yang diambil sebanyak 8 perusahaan yang dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari ICMD. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji-t untuk menguji koefisien regresi parsial tingkat signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hari perdagangan (Monday effect dan Friday effect) terhadap return saham sementara minggu perdagangan (week four effect) tidak berpengaruh terhadap return saham. Saran yang diberikan adalah mengambil populasi perusahaan lain yang listed di BEI menambah periode pengamatan dan yang terbaru untuk perbandingan dengan penelitian terdahulu dan menambah variabel lain yang berpengaruh terhadap return saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36672

Actions (login required)

View Item View Item