Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) terhadap Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE) (Penelitian pada perusahaan tambang yang listing di BEI tahun 2008-2010 / Kurnia Hesti Paratiwi

Pratiwi, Kurnia Hesti (2013) Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) terhadap Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE) (Penelitian pada perusahaan tambang yang listing di BEI tahun 2008-2010 / Kurnia Hesti Paratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratiwi, Kurnia Hesti. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA) dan Retun On Equity (ROE). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com (II) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed. Kata kunci: Corporate Social Responsibility Disclosure, Net Profit Margin, Return On Asset, Retun On Equity . Corporate Social Responsibility saat ini tidak hanya bersifat sukarela atau komitmen yang dilakukan perusahaan dalam mempertanggung jawabkan kegiatan perusahaan, melainkan bersifat wajib bagi beberapa perusahaan untuk menerapkan. Dengan melakukan pengungkapan CSR, perusahaan akan dapat mengirimkan sinyal positif kepada stakeholders dan pasar mengenai prospek perusahaan di masa yang akan datang, hal ini sesuai dengan signaling theory. Perusahaan semakin menyadari bahwa kelangsungan hidup perusahaan tidak hanya berdasarkan pada faktor keuangan tetapi juga tergantung dari hubungan perusahaan dengan masyarakat dan lingkungan tempat perusahaan beroperasi yang sesuai dengan Stakeholders theory. CSR disclosure dikatakan mempunyai dampak pada keuntungan dalam jangka panjang, sehingga dalam penelitian ini rasio profitabilitas yang diambil adalah yang bisa memberikan informasi dalam jangka panjang juga yaitu NPM, ROA dan ROE. Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) menggunakan indikator Global Reporting Intiative (GRI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah adanya pengaruh CSR Disclosure terhadap NPM, ROA dan ROE pada perusahaan tambang. Pemilihan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 12 sampel dari 67 populasi perusahaan tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2010. Sumber data merupakan data sekunder yang berasal dari dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR Disclosure berpengaruh terhadap NPM, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengungkapan Corporate Social Responsibility maka akan diikuti oleh peningkatan Net Profit Margin. Penelitian selanjutnya CSR Disclosure tidak berpengaruh terhadap ROA dan ROE, hal ini dikarenakan bahwa perusahaan gagal memberikan informasi yang lebih kepada investor serta besar kecilnya tingkat pengungkapan CSR tidak ada pengaruh dengan tingkat pengembalian asset dan investasi. Saran penelitian selanjutnya diharapkan menambah jumlah sampel dan menambah jumlah periode pengamatan agar dapat memprediksikan hasil penelitian dalam jangka panjang dan akurat, serta menambah variabel independen yang bisa mempengaruhi profitabilitas perusahaan seperti Good Corporate Governance agar bisa lebih akurat mengenai faktor-faktor yang bisa mempengaruhi profitabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36670

Actions (login required)

View Item View Item