Implementasi pemasaran jasa pendidikan (studi multi kasus di SMK Grafika PGRI Pakis Kabupaten Malang dan SMK Grafika Karya Nasional Kota Malang) / Putri Novia Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pemasaran jasa pendidikan (studi multi kasus di SMK Grafika PGRI Pakis Kabupaten Malang dan SMK Grafika Karya Nasional Kota Malang) / Putri Novia Widodo

Widodo, Putri Novia (2015) Implementasi pemasaran jasa pendidikan (studi multi kasus di SMK Grafika PGRI Pakis Kabupaten Malang dan SMK Grafika Karya Nasional Kota Malang) / Putri Novia Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widodo Putri Novia. 2015. Implementasi Pemasaran Jasa Pendidikan (Studi Multi Situs di SMK Grafika PGRI Pakis Kabupaten Malang dan SMK Grafika Karya Nasional Kota Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M. Pd (II) Desi Kusumaningrum S. Pd. M.Pd Kata kunci Implementasi Pemasaran Jasa Pendidikan. Lembaga pendidikan harus lebih aktif menjalin link and match dengan dunia kerja karena perkembangan teknologi terjadi dengan pesat di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Untuk memasuki lapangan kerja perlu adanya pengetahuan yang bersifat teoritis tetapi sesuai dengan kondisi di lapangan dan perlu adanya kegiatan-kegiatan yang sifatnya terapan dan adaptif. Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat memerlukan keseimbangan dan keserasian antara pengetahuan teori dengan praktik. Sehingga salah satu strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat DUDI adalah dengan melakukan Praktik Kerja Industri (prakerin). Bekerjasama dengan berbagai perusahaan tentunya membutuhkan strategi pemasaran jasa pendidikan yang baik yaitu sekolah harus dapat mempertahankan kerjasama tersebut secara berkelanjutan dan tidak ada kekecewaan antara satu dengan yang lain. Fokus penelitian ini adalah (1) pelaksanaan kerjasama prakerin (2) teknik pemasaran jasa pendidikan (3) permasalahan pemasaran jasa pendidikan (4) solusi permasalahan pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi multi situs karena terdapat satu kasus pada dua objek penelitian yaitu SMK Grafika PGRI Pakis Kabupaten Malang dan SMK Grafika Karya Nasional Kota Malang. Penelitian ini dilakukan secara langsung oleh peneliti di lapangan dan peneliti bertindak sebagai instrumen kunci yang merencanakan melaksanakan mengumpulkan data menganalisis data dan melaporkan hasil penelitian. Pengumpulan data yang relevan guna menjawab fokus penelitian dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data dengan wawancara observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis selama pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Data yang telah dianalisis kemudian dicek keabsahannya dengan menguji empat kriteria yaitu derajat kepercayaan/kredibitilas keteralihan ketergantungan dan kepastian. Temuan-temuan penelitian meliputi persamaan temuan di kedua lokasi penelitian yaitu (1) pelaksanaan kerjasama dengan menyerahkan surat pengantar surat pengajuan MoU pemberian tugas kepada guru pembimbing adanya monitoring dan pelaporan akhir prakerin (2) teknik yang digunakan keduanya adalah sarana orang brosur dan website (3) permasalahan yang terjadi adalah pelaksanaan prakerin terdapat peserta didik yang membolos (4) solusinya adalah menasihati jika masih dapat di toleransi dan memanggil orang tua peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pelaksanaan kerjasama prakerin kedua lokasi penelitian yaitu (a) kedua sekolah awalnya memberikan surat pengantar dan surat permohonan kepada DUDI (b) MoU dengan DUDI (c) pemberian tugas kepada guru pembimbing (d) adanya monitoring oleh guru pamong dan (e) mengumpulkan laporan prakerin (2) teknik pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh sekolah meliputi (a) penyebaran brosur (b) website (c) pemberdayaan sarana orang (3) permasalahan pemasaran jasa pendidikan yang dialami kedua sekolah yaitu peserta didik yang membolos pada saat prakerin (4) solusi permasalahan pemasaran jasa pendidikan yang terjadi di kedua sekolah tersebut adalah dengan memberikan nasihat jika peserta didik masih dapat ditoleransi dan memanggil orang tua peserta didik jika melebihi waktu yang ditentukan. Terdapat perbedaan dari kedua sekolah meliputi pelaksanaan kerjasama prakerin di SMK Grafika Karya Nasional Kota Malang tidak ada surat permohonan. Kemudian pada teknik pemasaran jasa pendidikan SMK Grafika PGRI Pakis Kabupaten Malang tidak menggunakan teknik presentasi. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini dapat disarankan bagi (1) Kepala SMK Grafika PGRI Pakis Kabupaten Malang dan SMK Grafika Karya Nasional Kota Malang diharapkan dapat membina stafnya untuk dapat mengaplikasikan beberapa teknik pemasaran jasa pendidikan sehingga dengan banyak teknik pemasaran yang digunakan maka input atau masukan peserta didik juga banyak (2) Waka Humas SMK Grafika PGRI Pakis Kabupaten Malang dan SMK Grafika Karya Nasional Kota Malang membuat alternatif baru dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan yang lain seperti dengan perusahaan di luar negeri (3) Guru Pembimbing atau Pamong SMK Grafika PGRI Pakis Kabupaten Malang dan SMK Grafika Karya Nasional Kota Malang lebih mengintesifkan lagi kegiatan monitoring yang dilakukan (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan agar jurusan dapat lebih luas lagi dalam mengkaji tentang hubungan sekolah dengan masyarakat khususnya pemasaran jasa di sekolah sebagai pendalaman dalam ilmu manajemen pendidikan pendidikan untuk kedepannya (5) Peneliti lain dapat menambah dan mengembangkan kajian ilmiah utamanya hubungan sekolah dengan masyarakat yang telah ada dalam penelitian ini serta dapat dijadikan masukan baru bagi kelanjutan penelitian di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item View Item