Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap praktek pengungkapan tenggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) / Herma Susilo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap praktek pengungkapan tenggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) / Herma Susilo

Susilo, Herma (2013) Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap praktek pengungkapan tenggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) / Herma Susilo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Size Profitabilitas Tipe Industri Leverage Pengungkapan Sosial Jakarta Islamic Index (JII) Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) saat merupakan isu hangat yang sedang muncul dikalangan dunia bisnis dan sosial. Banyak perusahaan yang mendapatkan sorotan dari masyarakat terkait kurangnya peran aktif perusahaan dalam kegiatan sosial dan lingkungan tempat perusahaan beroperasi. Karakteristik perusahaan sedikit banyak berpengaruh dalam praktik tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan disamping adanya regulasi pemerintah tentang CSR pada UU No 40 tahun 2007. Latar belakang tersebut mendasari dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap praktik pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada laporan tahunan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia khususnya perusahaan berbasis syariah yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII). Faktor-faktor karakteristik perusahaan yang digunakan antara ukuran perusahaan (size) profitabilitas tipe industri perusahaan dan leverage. Pengukuran pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan didasarkan pada kategori ISO 26000 Guidance Standard on Social Responsibility yang dilihat dari laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan data yang digunakan adalah data skunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) selama periode tahun 2010 sampai 2011. Jumlah populasi adalah 60 perusahaan sedangkan yang lolos sebagai sampel adalah 17 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel ukuran perusahaan (size) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap praktik pengungkapan sosial sedangkan variabel lainnya yaitu profitabilitas tipe industri dan leverage tidak berpengaruh. (2) Variabel independen yang terdiri dari size profitabilitas tipe industri dan leverage secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu pengungkapan sosial (social disclosure). (3) Hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen adalah 26 1% yang berarti bahwa keempat variabel independen yaitu size profitabilitas tipe industri dan leverage hanya menjelaskan pengaruhnya sebesar 26 1% sedangkan sisanya yang 73 9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36656

Actions (login required)

View Item View Item