Strategi optimalisasi program unggulan Sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di bidang sains / Dira Alifa Novitasari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi optimalisasi program unggulan Sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di bidang sains / Dira Alifa Novitasari</p>

Novitasari, Dira Alifa (2024) Strategi optimalisasi program unggulan Sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di bidang sains / Dira Alifa Novitasari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi siswa adalah aspek dasar dari pendidikan hal tersebut dikarenakan prestasi menjadi arah untuk kemajuan pendidikan. Prestasi biasanya bukan diukur dalam nilai saja tapi juga pencapaian hasil dan perbaikan. Peran sekolah yang berkualitas dapat menjadi upaya meningkatkan prestasi siswa dikarenakan sekolah yang kualitas mampu mengoptimalkan sumberdaya sekolahnya dan mampu mencetuskan ide-ide baru yang dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pendidik dalam rangka menjadikan sekolah sebagai sarana pendidikan guna mengembangkan potensi dan kemampuan peserta didik baik dari segi kecerdasan intelektual pengendalian emosi pembentukan karakter dan keterampilan. Fokus penelitian adalah (1) latar belakang usaha-usaha pengoptimalan program unggulan dalam meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di SMAN 1 Malang (L1) dan MAN 2 Kota Malang (L2) (2) strategi yang diterapkan dalam optimalisasi program unggulan agar dapat meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 (3) pihak yang terlibat dan seperti apa perannya dalam program unggulan meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 (4) faktor-faktor pendukung dan penghambat serta solusinya dalam program unggulan meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 (5) hasil-hasil dari optimalisasi program unggulan dalam meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui apa yang melatar belakangi usaha-usaha pengoptimalan program unggulan dalam meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 (2) mengetahui strategi optimalisasi yang diterapkan dalam program unggulan agar dapat meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 (3) mengetahui pihak yang terlibat dan perannya dalam program unggulan meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 (4) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat serta solusinya dalam program unggulan meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 (5) mengetahui hasil-hasil dari pengoptimalan program unggulan dalam meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis multi kasus. Lokasi penelitian SMAN 1 Malang (L1) dan MAN 2 Kota Malang (L2). Informan penelitian adalah penanggung jawab pembina serta siswa KIR SMAN 1 Malang dan MAN 2 Kota Malang. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Waktu yang digunakan untuk mengumpulkan data mulai bulan September 2023 hingga Juni 2024. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Analisis data menggunakan pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain (1) latar belakang pengoptimalan program diketahui terdapat alasan serta tujuan alasan program di L1 dalam melakukan pengoptimalan program yakni untuk mendukung potensi siswa yang sudah ada agar berkelanjutan dan tujuannya untuk menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif sedangkan L2 memiliki alasan dalam pengoptimalan program dikarenakan sekitar tahun 2009 madrasah masih dipandang sebelah mata dan juga masih tertinggal prestasi dalam bidang Sains utamanya di olimpiade dan memiliki tujuan untuk mengejar ketertinggalan (2) strategi yang diterapkan dalam optimalisasi program unggulan agar dapat meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 adalah strategi mengutamakan pada pembinaan program input siswa serta dukungan sekolah akan tetapi terdapat perbedaan dalam menerapkan strategi (3) pihak yang terlibat dalam program unggulan meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 yakni pembina kepala sekolah orang tua dan alumni (4) faktor pendukung dalam program unggulan dalam meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 adalah komitmen siswa yang mempunyai keinginan dan orientasi lebih untuk berprestasi dalam program dan adanya dana yang cukup untuk menyukseskan program sedangkan faktor pendukung L2 yakni pembinaan dalam program disusun dengan jelas serta adanya kesadaran atau awareness siswa untuk meraih prestasi dan adanya fasilitas yang memenuhi untuk menyukseskan kinerja program. Faktor penghambat dalam program L1 yakni semangat siswa yang naik turun solusinya dengan memberikan dukungan dari berbagai pihak dan tingginya ide penelitian siswa solusinya memfasilitasi pembimbing dari luar yang berkompeten dalam bidang penelitian. Faktor penghambat dari program L2 yakni waktu kegiatan sekolah yang bertepatan dengan waktu perlombaan solusinya adanya dispensasi yang dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan pihak terkait agar mendapatkan keputusan yang adil dan siswa dalam mengikuti program di L2 merasa terlalu overthinking solusinya melakukan pendampingan secara psikologis misalnya memberikan semangat dan motivasi (5) Hasil pengoptimalan program unggulan dalam meningkatkan prestasi siswa bidang Sains di L1 dan L2 yakni siswa mendapatkan pengalaman sertifikat kejuaraan uang pembinaan dan beasiswa hingga luar negeri. Selain itu untuk manfaat bagi sekolahnya yaitu mendapatkan reward dari pihak pemerintah. Saran peneliti pengoptimalisasian program dalam bidang Sains di L1 dan L2 diharapkan tidak mengganggu pembelajaran di kelas dan untuk pihak sekolah memberikan dispensasi yang adil untuk siswanya agar tidak ada penumpukan pekerjaan siswanya selain itu pihak sekolah harus memberikan fasilitas serta pelayanan terbaik untuk siswa-siswa yang mengharumkan nama sekolah melalui prestasi yang didapat dan diharapkan penelitian ini dapat memberikan pandangan bagi sekolah-sekolah lain pentingnya menentukan strategi pengoptimalan program sekolah yang tepat sebagai peluang untuk meningkatkan prestasi siswa di bidang tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/366547

Actions (login required)

View Item View Item