Budiharti, Nike (2024) Pengaruh work life balance (wlb) dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior (ocb) pada guru smp negeri kota blitar / Nike Budiharti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Konsep penting terkait dengan kinerja guru salah satunya adalah Organizational Citizenship Behavior (OCB). OCB dapat dimaknai sebagai perilaku karyawan (guru dan tenaga administrasi sekolah jika di sekolah) yang secara sukarela mengerjakan pekerjaan yang melebihi dari standar tugas yang diberikan kepadanya demi membantu keberlangsungan perusahaan (sekolah) dalam mencapai tujuannya. Faktor yang mempengaruhi OCB yakni Work Life Balance (WLB) dan komitmen organisasi. OCB diperlukan terutama pada guru jenjang SMP relevan mengingat kompleksitas tugas guru SMP Negeri yang memerlukan dedikasi tinggi. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui (1) tingkat Work Life Balance (WLB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar (2) tingkat komitmen organisasi di SMP Negeri Kota Blitar (3) tingkat Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar (4) pengaruh Work Life Balance (WLB) terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar (5) pengaruh komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar dan (6) pengaruh Work Life Balance (WLB) dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis rancangan penelitian deskriptif korelasi dengan memanfaatkan analisis regresi berganda. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri Kota Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kota Blitar yang memiliki jumlah sebesar 416 orang guru. Penentuan jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin yang didapatkan jumlah sampel sebesar 204 orang guru dan menggunakan propotional random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner yang memanfaatkan google form. Dalam pelaksanaan uji dan analisis data dibantu dengan menggunakan software Statistical Program for Social Science (SPSS) version 25. Uji validitas menggunakan analisis faktor Kaiser-Mayer-Olkin (KMO) sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach s alpha. Selanjutnya analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari (1) normalitas (2) linearitas (3) multikolinieritas dan (4) heteroskedastisitas serta uji hipotesis dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat Work Life Balance (WLB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar dalam kategori sangat tinggi hal ini menunjukkan bahwa para guru mampu menyeimbangkan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi mereka dengan sangat baik (2) tingkat komitmen organisasi di SMP Negeri Kota Blitar dalam kategori tinggi hal ini menunjukkan bahwa komitmen guru untuk berada dalam sekolah tergolong baik (3) tingkat Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar dalam kategori tinggi dan sesuai dengan yang diharapkan hal ini menunjukkan bahwa perilaku OCB yang dimiliki guru tergolong baik (4) terdapat pengaruh Work Life Balance (WLB) terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar berdasarkan nilai signifikansi variabel Work Life Balance (WLB) (X1) sebesar 0 010 lt 0 05. Artinya guru yang mampu menyeimbangkan antara tuntutan pekerjaan dan kehidupan pribadi cenderung menunjukkan perilaku OCB yang lebih tinggi (5) terdapat pengaruh komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar berdasarkan nilai signifikansi variabel komitmen organisasi (X2) sebesar 0 000 lt 0 05. Artinya Guru yang memiliki tingkat komitmen yang tinggi terhadap sekolahnya lebih cenderung untuk menunjukkan perilaku OCB dan (6) secara simultan terdapat pengaruh Work Life Balance (WLB) dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Guru SMP Negeri Kota Blitar berdasarkan nilai signifikansi variabel Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Y) yakni diperoleh 0 000 lt 0 05. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama Work Life Balance (WLB) dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan kontribusi 65 2%. Berlandaskan hasil penelitian dapat diambil beragam saran yang dapat ditujukan kepada beragam pihak yaitu (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar dapat menerapkan kebijakan yang mendukung Work Life Balance (WLB) meningkatkan komitmen organisasi melalui pengembangan karir penghargaan dan pengakuan. Serta mendorong budaya kerja yang positif untuk meningkatkan perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB) dikalangan guru (2) Kepala SMP Negeri di Kota Blitar dapat mempertahankan dan mendorong perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB) menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kolaborasi dan kerjasama antar guru. Menggalakkan nilai-nilai saling membantu sukarela dalam menjalankan tugas tambahan dan memberikan contoh perilaku positif dari pimpinan sekolah (3) Guru SMP Negeri di Kota Blitar dapat meningkatkan pemahaman mengenai urgensi perilaku organisasi yaitu Organizational Citizenship Behavior (OCB) (4) Koordinator Departemen Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat memberikan tambahan informasi mengenai urgensi pemahaman administrasi pendidikan bagi lulusan administrasi pendidikan dan (5) Peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan contoh penelitian referensi masukan dan pertimbangan untuk dikembangkan disempurnakan lagi mengenai topik perilaku organisasi dengan faktor-faktor yang berbeda atau faktor yang tidak diteliti oleh peneliti dengan lebih baik lagi untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:53 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/366539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |