Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan profil pelajar pancasila: studi kasus sdn sumbersari 3 kota malang / Nabila Islamiati</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan profil pelajar pancasila: studi kasus sdn sumbersari 3 kota malang / Nabila Islamiati</p>

Islamiati, Nabila (2024) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan profil pelajar pancasila: studi kasus sdn sumbersari 3 kota malang / Nabila Islamiati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Islamiati N. 2024. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Studi Kasus SDN Sumbersari 3 Kota Malang. Skripsi Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. Kata Kunci manajemen ekstrakurikuler Profil Pelajar Pancasila Kegiatan ekstrakurikuler dibutuhkan dalam mencapai kesempurnaan pendidikan di sekolah. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk peserta didik yang memiliki intelektual kualitas dan karakter berdasar nilai luhur Pancasila. Profil Pelajar Pancasila merupakan fokus karakter yang ditanamkan dalam Kebijakan Merdeka Belajar untuk mewujudkan peserta didik yang unggul. Profil Pelajar Pancasila dapat ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang mana sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. Pendayagunaan seluruh sumber daya sekolah perlu dilakukan agar kegiatan ekstrakurikuler berjalan optimal. Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila membantu mengelola kegiatan dan mengatur peserta didik dalam pengembangan pengetahuan keterampilan dan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN Sumbersari 3 Kota Malang (2) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN Sumbersari 3 Kota Malang (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN Sumbersari 3 Kota Malang (4) pengawasan kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN Sumbersari 3 Kota Malang dan (5) hasil pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN Sumbersari 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SDN Sumbersari 3 Kota Malang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan studi dokumentasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah koordinator ekstrakurikuler pembina ekstrakurikuler guru dan peserta didik. Teknik keabsahan data melalui pengujian kepastian (confirmability) ketergantungan (dependability) keteralihan (transferability) dan kepercayaan (credibility). Simpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui rapat di awal tahun ajaran baru dengan menetapkan jadwal program sarana dan prasarana penanggungjawab dan dana (2) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melibatkan kepala sekolah koordinator ekstrakurikuler pembina ekstrakurikuler guru dan peserta didik (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui pemberian materi dan praktik keteladanan pembiasaan nasihat dan teguran atau hukuman dan berdampak terhadap karakter peserta didik yang relevan dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia berkebhinekaan global bergotong royong mandiri bernalar kritis dan kreatif (4) pengawasan kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila meliputi kegiatan pengawasan penilaian pengisian jurnal kegiatan pengevaluasian yang berguna sebagai acuan tindak lanjut perbaikan selanjutnya dan (5) hasil pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila membantu pengembangan dan membentuk peserta didik untuk bertindak berperilaku dan berkarakter sesuai dimensi Profil Pelajar Pancasila. Terdapat saran yang diberikan kepada (1) kepala sekolah terus melakukan inovasi dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler serta terus mengawasi dan mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler (2) pembina ekstrakurikuler terus melakukan inovasi pemberian materi dan praktik serta melatih peserta didik dengan melibatkan pada kepengurusan kegiatan ekstrakurikuler (3) peserta didik lebih antusias dan semangat mengembangkan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler dan (4) peneliti lain menjadikan penelitian ini sebagai referensi dan melanjutkan penelitian pada aspek yang belum terungkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/366538

Actions (login required)

View Item View Item