Implementasi manajemen humas dalam mendukung pelaksanaan program praktik kerja lapangan (studi kasus di sekolah menengah kejuruan negeri 1 jombang) / Devi Olga Septi Liana</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi manajemen humas dalam mendukung pelaksanaan program praktik kerja lapangan (studi kasus di sekolah menengah kejuruan negeri 1 jombang) / Devi Olga Septi Liana</p>

Liana, Devi Olga Septi (2024) Implementasi manajemen humas dalam mendukung pelaksanaan program praktik kerja lapangan (studi kasus di sekolah menengah kejuruan negeri 1 jombang) / Devi Olga Septi Liana</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen humas merupakan salah satu bagian penting dari organisasi pendidikan dimana humas memiliki tugas dan tanggung jawab untuk dapat menciptakan suatu hubungan kerja sama atau kemitraan dengan berbagai pihak khalayak umum yang dapat memberikan dampak positif bagi lembaga sekolah. Salah satu implementasi manajemen humas khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah mengatur pelaksanaan program praktik kerja lapangan. Adapun implementasi proses manajemen humas dalam program praktik kerja lapangan tersebut yakni mulai dari merencanakan atau memilih dunia usaha/dunia industri yang sesuai dengan kompetensi keahlian peserta didik sampai dengan menyiapkan penilaian untuk program praktik kerja lapangan. Fokus penelitian ini menjabarkan mengenai (1) proses manajemen humas dalam mendukung pelaksanaan praktik kerja lapangan di SMKN 1 Jombang (2) strategi manajemen humas dalam menjalin hubungan kerja sama dengan pihak dunia usaha/dunia industri dalam pelaksanaan program praktik kerja lapangan SMKN 1 Jombang (3) faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen humas dalam menjalankan program praktik kerja lapangan di SMKN 1 Jombang dan (4) solusi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan program praktik kerja lapangan di SMKN 1 Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer melalui informan dan data sekunder yang berupa dokumen maupun foto pendukung. Analisis data yang digunakan mengacu pada teori Miles Huberman dan Saldana yakni pengumpulan data kondensasi data penyajian data kesimpulan atau verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi pengecekan keanggotaan dan kecukupan referensi. Simpulan pada penelitian ini meliputi (1) proses manajemen humas dalam mendukung program praktik kerja lapangan yakni mulai dari perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi dalam program praktik kerja lapangan (2) strategi manajemen humas dalam menjalin kerja sama dengan pihak dunia usaha/dunia industri yakni melakukan seleksi dunia usaha/industri yang sesuai dengan kompetensi keahlian melakukan MoU dengan pihak dunia usaha/dunia industri yang terpilih serta selalu menjaga komunikasi yang harmonis antara kedua pihak (3) adapun faktor pendukung manajemen humas menjalankan tugasnya dalam program praktik kerja lapangan yakni tersedianya fasilitas sekolah yang memadai kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus program praktik kerja lapangan adanya dukungan dari pihak sekolah peserta didik dan orang tua serta adanya kesesuaian antara pihak dunia usaha/dunia industri dengan program praktik kerja lapangan yang telah disusun sedangkan faktor penghambat yakni sulit mencari dunia usaha/dunia industri yang sesuai untuk tempat praktik karena keterbatasan kuota yang sudah menampung peserta didik praktik kerja lapangan dari sekolah lain (4) solusi yang dilakukan pihak humas dalam mengatasi adanya faktor penghambat yaitu pihak humas akan menjalin relasi dengan lebih banyak dunia usaha/dunia industri yang sekiranya mampu menampung peserta didik untuk praktik kerja lapangan dengan kuota yang lebih banyak meningkatkan dan menjaga komunikasi baik antara pihak sekolah dengan dunia usaha/dunia industri adanya koordinasi efektif antara sekolah peserta didik dan DU/DI serta meningkatkan kualitas lulusan untuk menarik minat DU/DI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/366537

Actions (login required)

View Item View Item