Rahmawati, Marlina Indra (2024) Manajemen pembelajaran field trip dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila (studi kasus di sd negeri sumbersari 3 kota malang) / Marlina Indra Rahmawati</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Field Trip merupakan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas seperti di tempat wisata. Materi yang diberikan harus menyesuaikan dengan materi pada saat pembelajaran di kelas. Penerapan metode ini khususnya bagi jenjang SD meningkatkan rasa keingintahuan siswa terhadap objek yang sedang diamati selain itu metode ini juga melatih karakter siswa untuk bertanggung jawab terhadap sesuatu di sekitarnya. Fokus penelitian ini adalah (1) persiapan sekolah dalam menerapkan metode pembelajaran field trip (2) implementasi metode pembelajaran field trip bagi peserta didik regular maupun inklusi (3) perbedaan penerapan metode pembelajaran field trip sebelum dan sesudah adanya kurikulum merdeka (4) efektivitas metode pembelajaran field trip dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persiapan sekolah dalam menerapkan metode pembelajaran field trip (2) mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran field trip bagi peserta didik regular maupun inklusi (3) mendeskripsikan perbedaan penerapan metode pembelajaran field trip sebelum dan sesudah adanya kurikulum merdeka (4) mendeskripsikan keefektifan implementasi metode pembelajaran field trip dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi Penelitian ini di SDN Sumbersari 3 Kota Malang. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Waktu pengumpulan data pada bulan Oktober 2023 sampai April 2024. Pengujian keabsahan data menggunakan metode triangulasi perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data kondensasi data menyajikan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persiapan pembelajaran field trip dilaksanakan melalui rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh guru dan komite sekolah pada awal semester kemudian dilanjutkan dengan rapat koordinasi oleh wali kelas dengan wali murid (2) perbedaan implementasi field trip bagi peserta didik regular maupun inklusi terletak pada pendampingan oleh guru shadow dan media ajar yang digunakan (3) perbedaan implementasi field trip sebelum dan sesudah adanya kurikulum merdeka yaitu terdapat tema dan sub tema pada masing-masing kelas dengan dua tema dalam setiap semester (4) pembelajaran Field Trip efektif diimplementasikan dalam pembelajaran hal ini terbukti dengan motivasi peserta didik meningkat pada saat pembelajaran Fied Trip dibandingkan dengan pembelajaran reguler di kelas karena peserta didik dapat melihat objek yang sedang dipelajari secara langsung sehingga tidak menimbulkan rasa bosan. Saran berdasarkan hasil penelitian hendaknya pelaksanaan field trip dilakukan sesuai dengan materi yang dicapai sehingga tidak terbatas pada akhir semester saja. Selain itu guru kelas dan guru mata pelajaran harus siap apabila diadakan field trip di waktu pembelajaran regular dengan demikian siswa akan lebih maksimal dalam memahami materi yang disampaikan baik secara langsung maupun dari teori di buku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/366533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |