Analisis implementasi sistem akuntasi keungan badan layanan umun (studi pada biro administrasi umum dan keungan Univesitas Negeri Malang) / Mochammad Syafii Andriansyah

Andriansyah, Mochammad Syaafi (2013) Analisis implementasi sistem akuntasi keungan badan layanan umun (studi pada biro administrasi umum dan keungan Univesitas Negeri Malang) / Mochammad Syafii Andriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Sistem Akuntansi Keuangan, Badan Layanan Umum Dengan ditetapkannya Universitas Negeri Malang (UM) sebagai Satker PPK ÔÇô BLU, maka UM harus menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.05/2008 tentang Pedoman Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Badan Layanan Umum. Disamping itu, UM sebagai bagian dari Kementrian/Lembaga Negara, maka UM berkewajiban membuat laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Penelitian ini dilakukan di BAUK Universitas Negeri Malang, pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan alur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) laporan keuangan Badan Layanan Umum yang dibuat oleh BAUK Universitas Negeri Malang sudah sesuai dengan Standart Akuntansi Keuangan (SAK) dan Standart Akuntansi Pemerintahan (SAP) sesuai dengan yang di amanatkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.05/2008; (2) Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Biaya Pendidikan dan Biaya lainnya yang diterapkan oleh BAUK UM memiliki kelemahan dalam kejelasan bagan alir yang kurang jelas dan sulit dipahami;(3) kendala menuju penerapan sistem akuntansi Badan Layanan Umum yang baru: (a) Minimnya sumber daya manusia yang profesional dan memadai di BAUK UM; (b) perubahan sistem akuntansi dari single entry basis kas ke double entry basis akrual; (c) belum adanya tolak ukur yang pasti terhadap sistem akuntansi Badan Layanan Umum; (d) Konsolidasi 2 laporan keuangan yang harus dibuat oleh pihak BAUK UM. Saran-saran: (1) peningkatan kualitas SDM di BAUK UM yang memadai dan profesional; (2) perlunya tolok ukur yang pasti tentang kreteria BLU; (3) perlu dikembangkan sub sistem akuntansi yang mampu menghasilkan laporan keuangan untuk memenuhi kebutuhan konsolidasi laporan keuangan; (4) perlu dikembangkan penggunaan bagan alir (Flowchart) yang lebih baik tentang Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Biaya Pendidikan dan Biaya lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36647

Actions (login required)

View Item View Item