Manajemen pembelajaran kelas akselerasi (studi kasus di SD Laboratorium UM Malang) / Soni Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran kelas akselerasi (studi kasus di SD Laboratorium UM Malang) / Soni Prasetya

Prasetya, Soni (2015) Manajemen pembelajaran kelas akselerasi (studi kasus di SD Laboratorium UM Malang) / Soni Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetya Soni. 2015. Manajemen Pembelajaran Kelas Akselerasi Studi Kasus di SD Laboratorium UM Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd (II) Wildan Zulkarnain S.Pd M.Pd. Kata kunci manajemen pembelajaran kelas akselerasi. Peserta didik yang memiliki potensi bakat sangat istimewa cenderung lebih cepat menguasai materi pelajaran dibandingkan dengan peserta didik dengan kemampuan rata-rata. Peserta didik yang memiliki potensi bakat istimewa nampak santai dan kurang memperhatikan guru pada saat pembelajaran. Mereka umumnya menempuh kelas akselerasi. Peserta didik di kelas akselerasi perlu mendapat penanganan dan program khusus sehingga potensi kecerdasan yang dimiliki dapat berkembang secara optimal. Mengingat bahwa siswa program akselerasi memiliki kecerdasan yang luar biasa maka dibutuhkan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan kemampuan mereka sehingga kemampuannya dapat diterapkan secara optimal. Kegiatan belajar mengajar program akselerasi bertujuan untuk menerapkan pengajaran atau pelayanan individual dan pengajaran kelompok. Fokus penelitian ini meliputi (1) perencanaan pembelajaran kelas akselerasi di SD Laboratorium UM (2) pengorganisasian pembelajaran kelas akselerasi (3) pelaksanaan pembelajaran kelas akselerasi (4) penilaian pembelajaran kelas akselerasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perencanaan (2) pengorganisasian (3) pelaksanaan dan (4) penilaian pembelajaran akselerasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan metode triangulasi sumber ketekunan pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa SD Laboratorium UM memakai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan jam belajar yang sama antar kelas akselerasi dan reguler. Struktur kurikulum memuat kelompok mata pelajaran dengan memperhatikan standar kompetensi kelulusan dan standar isi yang telah ditetapkan. Penyelenggaraan program kelas akselerasi di SD Laboratorium UM Malang tidak menggunakan rekrutmen khusus atau tes khusus untuk peserta didik akselerasi. Akselerasi di sekolah ini adalah akselerasi murni dari peserta didik yang benar-benar mempunyai kemampuan diatas rata-rata dengan menggunakan syarat mampu mencapai kriteria yang telah ditetapkan di sekolah. Strategi pembelajaran dikelas akselerasi dikemas dengan baik dengan berpusat pada peserta didik. Guru sebagai fasilitator mendorong dan memberikan ruang bagi peserta didik dalam mengembangkan potensi belajar secara aktif kreatif dan menyenangkan. Penilaian pembelajaran akselerasi di SD Laboratorium UM dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan untuk memperoleh informasi tentang kemajuan dan keberhasilan belajar dari peserta didik. Peserta didik harus mencapai target kompetensi yang telah ditetapkan yaitu minimal nilai 80 untuk setiap mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3664

Actions (login required)

View Item View Item