Pengaruh pemahaman, manfaat langsung, dan kualitas pelayanan fiskus terhadap motivasi pelaporan pajak pada usaha mikro kecil (studi kasus pada coffeeshop di Kediri) / Dini Norma Husnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemahaman, manfaat langsung, dan kualitas pelayanan fiskus terhadap motivasi pelaporan pajak pada usaha mikro kecil (studi kasus pada coffeeshop di Kediri) / Dini Norma Husnia

Husnia, Dini Norma (2013) Pengaruh pemahaman, manfaat langsung, dan kualitas pelayanan fiskus terhadap motivasi pelaporan pajak pada usaha mikro kecil (studi kasus pada coffeeshop di Kediri) / Dini Norma Husnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pemahaman Manfaat Langsung Kualitas Pelayanan Motivasi Mikro Kecil. PajakmerupakanpenerimaanterbesarsuatuNegara pajakdigunakan untuk seluruhpembiayaanpembangunannegara.Indonesia menganut self assesment systemyang memberikepercayaanterhadapwajibpajakuntukmenghitung menyetordanmelaporkansendiripajaknya. Kesadaran pelaporan pajak dipengaruhi oleh motivasi wajib pajak itu sendiri. Dalammewujudkanmasyarakattaatpajak pemerintahharusmemberikanjaminanadanyaaksestimbalbalik yang langsungdapatdirasakanmasyarakatdalamkeikutsertaanyamembayarpajak. Pajak juga memilikifungsimengatursertamenciptakaniklim yang sehatbagiperkembanganduniausaha. Dari tahun ke tahun usaha mikro kecil dan menengah(UMKM)semakinmenunjukkanperkembangan yang bagus namun masih banyak dari mereka yang tidak termotivasi untuk membayar pajak.. Adapun faktor yang mempengaruhi motivasi pelaporan pajak diantaranya adalah pemahaman tentang kewajiban pelaporan pajak manfaat langsung pemilik UMKM yang melakukan kewajiban pajak dan kualitas pelayanan fiskus terkait pelaporan pajak yang dilakukan wajib pajak. Olehkarenaitumakapermasalahan yang dikajidalampenelitianiniadalah (1)Apakahpemahaman manfaat langsung dan kualitas pelayanan fiskus secarasimultanmempunyaipengaruhterhadapmotivasi pelaporan pajak. (2)Apakahpemahaman manfaat langsung dan kualitas pelayanan fiskussecaraparsialmempunyaipengaruhterhadapmotivasi pelaporan pajak. Adapunsampeldalampenelitianiniadalahpemilik usaha Coffeeshop di Kediridengansampelpenelitian yang diambilmenggunakanteknikConvenience Sampling diperoleh 41pemilik usaha. Variabelindependendalampenelitianiniadalahpemahaman manfaat langsung dan kualitas pelayanan fiskussedangkanvariabeldependennyaadalahmotivasi pelaporan pajak.Untukmetodepengumpulan data dilakukandenganmetodekuesioner.Data yang terkumpuldianalisisdenganteknikanalisisdiskriptifdananalisisstatistik. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasecarasimultan pemahamanwajibpajak manfaatlangsungpajak dankualitaspelayananfiskusmempunyaipengaruh yang signifikanterhadapmotivasiwajibpajak.koefisiendeterminasimenunjukkanbahwasecarabersama-samapemahamanwajibpajak manfaatlangsungpajak dankualitaspelayananfiskusmemberikansumbanganterhadapvariabelterikat (Motivasi Wajib Pajak) sebesar59% sedangkansisanya41% dipengaruhiolehfaktor lain diluar model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36632

Actions (login required)

View Item View Item