Hubungan implementasi budaya akademik dengan sikap ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang / Dwi Nur Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan implementasi budaya akademik dengan sikap ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang / Dwi Nur Nikmah

Nikmah, Dwi Nur (2015) Hubungan implementasi budaya akademik dengan sikap ilmiah mahasiswa Universitas Negeri Malang / Dwi Nur Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nikmah Dwi Nur. 2015. Hubungan Implementasi Budaya Akademik dengan Sikap Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Teguh Triwiyanto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci implementasi budaya akademik sikap ilmiah dan mahasiswa. Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia dan saat ini telah menjadi kebutuhan pokok. Disebut demikian karena semakin banyak masyarakat yang melanjutkan pendidikan hingga tingkat universitas. Setiap universitas haruslah diiringi dengan adanya mahasiswa yang unggul terampil cakap kritis dan bersikap ilmiah terhadap peristiwa yang terjadi disekitarnya. Sikap ilmiah harus selalu dibiasakan dan digunakan oleh sivitas akademika agar menjadi suatu budaya yang dalam hal ini berkaitan erat dengan budaya akademik. Perlunya budaya akademik dikarenakan tuntutan jaman yang semakin maju sehingga dibutuhkan perubahan dan pembaharuan dalam kehidupan dan kegiatan akademik menuju kondisi yang lebih baik. Budaya akademik harus diimplementasikan dalam kehidupan di lingkungan akademik sehari-hari sehingga keberadaannya tidak hanya menjadi wacana saja tetapi memiliki nilai dalam diri masyarakatnya. Mahasiswa sebagai salah satu masyarakat kampus diharapkan mempunyai kecakapan sikap pengetahuan dan keterampilan agar peka terhadap fenomena-fenomena globalisasi yang timbul di sekitarnya selain itu tata kelola universitas yang baik juga menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam upaya pembangunan budaya akademik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui seberapa tinggi sikap ilmiah mahasiswa program S1 Universitas Negeri Malang (UM) (2) mengetahui seberapa tinggi implementasi budaya akademik mahasiswa program S1 UM dan (3) mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan positif antara implementasi budaya akademik dengan sikap ilmiah mahasiswa program S1 UM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional dwivariat. Populasi penelitian ini yaitu 17.688 mahasiswa S1 UM dari jumlah tersebut kemudian diambil sampel sebesar 391 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesioner/angket. Analisis yang digunakan dengan membuat deskripsi data melakukan uji prasyarat menentukan korelasi antar variabel dengan rumus Product Moment Pearson dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu diketahui tingkat sikap ilmiah mahasiswa UM dengan persentase sebesar 76 3% dan tingkat implementasi budaya akademik dengan persentase sebesar 69 7%. Korelasi antara variabel sikap ilmiah dengan implementasi budaya akademik memperoleh nilai korelasi sebesar 0 702 berarti hipotesis nol (H0) yang diajukan ditolak dan menerima hipotesis alternatif (H1). Kesimpulan yang diperoleh yaitu (1) sikap ilmiah mahasiswa UM dalam tingkatan sangat tinggi (2) implementasi budaya akademik mahasiswa UM tinggi dan (3) terdapat hubungan yang signifikan positif antara variabel implementasi budaya akademik dengan sikap ilmiah mahasiswa UM dengan tingkat hubungan yang diperoleh yaitu kuat. Saran yang disampaikan kepada (1) Rektor UM sebagai bahan pertimbangan dalam rangka pengembangan sikap ilmiah dan implementasi budaya akademik sivitas akademika UM (2) akademisi sebagai acuan untuk menimbulkan rasa kecintaan terhadap almamater (3) mahasiswa UM sebagai pedoman untuk membangun dan mengembangkan budaya akademik di lingkungan kampus dan penerapan sikap ilmiah dalam setiap aktivitas akademik mahasiswa UM dan (4) peneliti lain sebagai referensi untuk melaksanakan penelitian selanjutnya yang belum dikaji di dalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3662

Actions (login required)

View Item View Item