Pengaruh corporate social responsibility dan return on asset terhadap nilai perusahaan (Studi pada perusahaan minning yang terdaftar di BEI tahun 2009-2010) / Dwi Setiyobudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh corporate social responsibility dan return on asset terhadap nilai perusahaan (Studi pada perusahaan minning yang terdaftar di BEI tahun 2009-2010) / Dwi Setiyobudi

Setiyobudi, Dwi (2013) Pengaruh corporate social responsibility dan return on asset terhadap nilai perusahaan (Studi pada perusahaan minning yang terdaftar di BEI tahun 2009-2010) / Dwi Setiyobudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Corporaste Social Responsibility (CSR) Return On Asset (ROA) dan Nilai Perusahaan Perubahan paradigma ekonomi dan bisnis yang berpijak pada etika bisnis membuat perusahaan mulai memperhatikan lingkungan sosial dengan melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Aturan wajib melaksanakan CSR telah diatur dalam Undang-undang Perseroan Terbatas No. 40 tahun 2007. Pelaksanaan Corporate Social Responsibility dipandang bukan sebagai biaya melainkan investasi jangka panjang. Dengan melaksanakan program CSR dipercaya mampu memberikan citra baik untuk perusahaan. Citra baik tersebut diharapkan akan meningkatkan penjualan sehingga ROA perusahaan akan naik yang kemudian dapat menarik minat investor. Semakin banyak investor yang tertarik untuk membeli saham perusahaan maka nilai perusahaan juga akan naik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Return On Asset terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan CSR dihitung dengan menggunakan skor yang diperoleh perusahaan berdasarkan Corporate Social Responsibility Index (CSRI). Nilai ROA diperoleh dari laporan tahunan sedangkan nilai perusahaan diukur dengan rumus Tobin s Q. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan pooled data. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan selama periode 2009-2010. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan yang diperoleh melalui website Bursa Efek Indonesia maupun website perusahaan sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan tingkat signifikan 5%. Hasil uji t menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dan Return On Asset secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji F menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility dan Return On Asset secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini untuk penelitian selanjutnya disarankan menambah jumlah sampel memperluas rentang waktu penelitian. Penilain CSRI hendaknya menggunakan standar baku GRI atau ISO 26000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36614

Actions (login required)

View Item View Item