Persepsi dan harapan mahasiswa terhadap faktor-faktor yang memengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2011 / Nanong Dwi Purbiantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan harapan mahasiswa terhadap faktor-faktor yang memengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2011 / Nanong Dwi Purbiantoro

Purbiantoro, Nanong Dwi (2015) Persepsi dan harapan mahasiswa terhadap faktor-faktor yang memengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2011 / Nanong Dwi Purbiantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purbiantoro Nanong Dwi. 2015. Persepsi dan Harapan Mahasiswa Terhadap Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2011. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Huda A. Y M.Pd (II) Ahmad Nurabadi S.Pd M.Pd Kata Kunci persepsi harapan tugas akhir skripsi. Persepsi merupakan suatu pandangan seseorang terhadap suatu objek untuk pemberian makna. Dua orang yang melihat atau mengalami sesuatu hal yang sama memberikan interpretasi yang berbeda terhadap apa yang dialami atau yang dilihat. Hal ini menyebabkan persepsi antara seseorang dengan orang yang lainnya tidak sama. Harapan itu sendiri adalah keyakinan atau keinginan akan sesuatu hal yang di inginkan yang akan di dapatkan. Seseorang mempunyai keinginan untuk menghasilkan sesuatu pada waktu tertentu tergantung pada tujuan khusus seseorang yang bersangkutan dan pada persepsi seseorang tersebut tentang imbalan sebagai wahana untuk mencapai tujuan tersebut. Tugas akhir skripsi merupakan laporan dari suatu penelitian yang secara nyata harus dibuktikan secara empirik. Oleh karena itu skripsi harus mengupas suatu masalah yang dianggap penting agar dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan penulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana persepsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM angkatan 2011 terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi (2) Bagaimana harapan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM angkatan 2011 terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi (3) Faktor-faktor apa yang paling dominan mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM angkatan 2011. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan persepsi dan harapan mahasiswa terhadap fakror-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhiri skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM angkatan 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah kuisioner/angket. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM angkatan 2011 sebanyak 278 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data pada kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM angkatan 2011 persepsinya berasal dari faktor internal sebesar 45 3% sedangkan dari faktor eksternal sebesar 54 7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa yang paling tinggi adalah faktor eksternal dan pada faktor eksternal yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir skripsi adalah pada aspek pergaulan dengan lawan jenis yakni sebesar 28 1%. Sesuai dengan hasil tersebut mahasiswa yang mempunyai hubungan dengan lawan jenisnya ternyata lebih memberikan dampak yang positif pada penyelesaian tugas akhir skripsinya. Harapan mahasiswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa FIP UM angkatan 2011 berasal dari faktor internal dan eksternal. Dilihat dari faktor internal memiliki persentase sebanyak 52 5% sedangkan faktor eksternal sebesar 47 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa harapan mahasiswa yang meniliki persentase paling tinggi berasal dari faktor internal dan harapan dari mahasiswa sendiri terhadap penyelesaian tugas akhir skrispsi adalah dengan meningkatkan motivasi minat perhatian kematangannya serta kemampuan intelegensi dalam belajarnya untuk selalu giat dan tekun dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi agar skripsinya segera cepat selesai dan otomatis tidak mengalami keterlambatan pada masa studinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa FIP UM angkatan 2011 adalah berasal dari faktor internal dan eksternal. Dilihat dari faktor internal meniliki persentase sebesar 45 3% sedangkan faktor yang berasal dari eksternal memiliki persentase sebesar 54 7%. Sehingga dapat dikatakan bahwa yang meiliki persentase paling tinggi adalah faktor eksternal. Berdasarkan hasil analisis deskriprif dalam faktor eksternal yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi nya adalah faktor pergaulan dengan lawan jenis sebesar 28 1%. Saran yang dapat disumbangkan dari hasil penelitian ini adalah (1) Bagi Ketua Jurusan di FIP UM hendaknya hasil penelitian ini dapat menambah keilmuan dalam masing-masing bidang pendidikan untuk mengevaluasi perkuliahan dan juga dapat memberi sumbangan dan manfaat bagi masing-masing jurusan yang ada di FIP terutama dalam bidang kemahasiswaan dan dapat digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi (2) Bagi Dosen-dosen FIP UM hendaknya hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada dosen-dosen yang ada di FIP bahwa banyak faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa sehingga pada nantinya diharapkan dosen lebih memacu semangat belajar mahasiswa (3) Bagi Mahasiswa FIP UM hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu referensi pengetahuan bagi mahasiswa FIP tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa dan dapat memotivasi diri mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi nya dan menyelesaikan kuliahnya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan (4) Bagi Peneliti Lain hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk menambah pengetahuan dan digunakan sebagai referensi awal dalam penelitian yang sejenis hendaknya lebih mengembangkan dan menggali lebih dalam lagi faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa dalam penelitian yang lebih sempurna. karena keterbatasan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3661

Actions (login required)

View Item View Item