Manajemen PAIKEM berbasis karakter melalui media teknologi informasi komunikasi di SMP Negeri 5 Malang / Lalu Belik Made Dwipa - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen PAIKEM berbasis karakter melalui media teknologi informasi komunikasi di SMP Negeri 5 Malang / Lalu Belik Made Dwipa

Dwipa, Lalu Belik Made (2015) Manajemen PAIKEM berbasis karakter melalui media teknologi informasi komunikasi di SMP Negeri 5 Malang / Lalu Belik Made Dwipa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwipa Lalu Belik Made. 2015. Manajemen PAIKEM Berbasis Karakter Melalui Media Teknologi Informasi Komunikasi di SMP Negeri 5 Malang. Skripsi Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Wildan Zulkarnain S.Pd M.Pd. Kata Kunci PAIKEM Karakter Media Teknologi Informasi Komunikasi. PAIKEM adalah Pembelajaran Aktif Inofatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan menurut para pakar pendidikan metode PAIKEM bisa meningkatkan kualitas pendidikan untuk itu tenaga pendidik perlu mengetahui bagaimana bentuk PAIKEM untuk tercapainya tujuan pendidikan melalui upaya pengembangan karakter siswa di sekolah dengan menggunakan sarana belajar yang menyenangkan seperti media Teknologi Inforasi Komunikasi. Seperti yang tertuang pada Pasal I UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan kepribadian dan akhlak mulia. Amanah UU Sistem pendidikan nasional tahun 2003 itu bermaksud agar pendidikan tidak hanya membentuk insan Indonesia yang cerdas namun juga berkepribadian atau berkarakter sehingga nantinya akan lahir generasi bangsa yang tumbuh berkembang dengan karakter yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta agama. Tujuan penelitian ini secara rinci yaitu (1)Mendeskripsikan bagaimana perencanaan manajemen PAIKEM berbasis karakter melalui media TIK di sekolah (2) Mendeskripsikan bagaimana pengorganisasian dalam manajemen PAIKEM berbasis karakter melalui media TIK di sekolah (3) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan yang Manajemen PAIKEM berbasis karakter melalui media TIK yang dilakukan (4) Bagaimana proses dalam pelaksanaan PAIKEM berbasis karakter melalui media TIK. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif di mana penelitian ini bermaksud untuk memahami fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian berupa perilaku persepsi kebiasaan motivasi yang dijalankan dalam lembaga pendidikan di SMP Negeri 5 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi dan instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu peneliti sendiri untuk menjaga keabsahan data dilakukan teknik triangulasi data kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan evaluasi hasil data. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan di dapat empat kesimpulan hasil penelitian diantaranya meliputi (1) perencanaan dalam manajemen PAIKEM bebasis karakter melalui media TIK dilakukan melalui berikut ini a) perencanaan dilakuan dengan persiapan sekolah merancang Silabus dan RPP pembelajaran b) nilai PAIKEM berbasis karakter langsung diimplementasikan pada setiap mata pelajaran yang ada c) dalam persiapan pembelajaran di lakukan pengecekan pada setiap media yang diperlukan dalam proses pembelajaran (2) dalam pengorganisasian PAIKEM berbasis karakter yang di jalankan sekolah sudah baik hal ini di lihat dari struktur pengelola pada setiap aspek tugas yang ada tertata dengan baik (3) proses pelaksanaan PAIKEM berbasis karakter dilakukan sekolah melalui berbagai upaya seperti pengelolaan pembelajaran kelas kegiatan keagamaan budaya lingkungan sekolah dan pengembangan kegatan siswa berupa kegiatan ekstrakulikuler dan lain-lain dan (4) penilaian yang dilakukan dalam PAIKEM berbasis karakter yang dilakukan sekolah melalui evaluasi pembelajaran berupa hasil ulangan harian UTS dan hasil UAS serta penilaian dari aspek siswa berupa keaktifan prestasi dari siswa. Berdasarkan temuan penelitian saran yang peneliti dapat sampaikan yaitu (1) Kepala Sekolah di SMP Negeri 5 Malang untuk terus memberikan arahan dan evaluasi serta masukan pada tim pengelola tim pembelajaran agar kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan lebih baik (2) Kepada Guru SMP Negeri 5 Malang untuk lebih mengoptimalkan proses proses pelaksanaan PAIKEM berbasis Karakter ini baik dari segi pembelajaran di kelas atau atau kegiatan lainnya sehingga dapat memberikan manfaat dalam mencapai tujuan pendidikan (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi kepada mahasiswa sebagai tambahan refrensi dalam perkuliahan (4) Bagi penulis sebagai proses membuka cakrawala berpikir dan memahami proses dalam bidang pendidikan terutama dalam bidang pembelajaran dan (5) Peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian sejenis atau dari beberapa aspek yang akan bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3660

Actions (login required)

View Item View Item