Rahma, Itba'atur (2012) Penggunaan media boneka jari untuk meningkat efektifitas pembelajaran bahasa Indonesia semester I kelas II di SDN Pisang Candi II Malang / Itba'atur Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Media boneka jari membaca nyaring efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas II SDN Pisang Candi II Malang pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca nyaring didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi. Ratarata hasil belajar siswa hanya mencapai 55 35 dengan ketuntasan kelas 40% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65 00 untuk hasil belajar dan 65% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode boneka jari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode boneka jari yang dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Pisang Candi II Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media boneka jari untuk materi membaca nyaring teks pendek dapat dilaksanakan dengan efektif. Perolehan skor aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan skor rata-rata dari siklus I sebesar 86 95% menjadi 95 65% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Begitu juga perolehan hasil belajar pada siklus I dengan skor rata-rata 43 16 dan ketuntasan kelas 30% siswa meningkat pada siklus II menjadi skor rata-rata 65 00 dan ketuntasan kelas mencapai 70% siswa. Berdasarkan data tersebut maka penerapan metode pembelajaran boneka jari dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring pemahaman siswa kelas II SDN Pisang Candi II Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi siswa untuk bersungguhsungguh dalam memahami teks pendek serta menjalankan perannya dalam kelompok dengan sebaik-baiknya. Bagi guru seharusnya menerapkan pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami teks pendek seperti menggunakan media boneka jari agar siswa tertarik dan merasa senang dengan pembelajaran tersebut. Sedangkan bagi peneliti penelitian ini dapat dijadikan sebagai sarana rujukan penelitian lebih lanjut dengan memperhatikan dan melakukan persiapan yang matang dalam pembagian peran anggota kelompok. Hal ini bertujuan agar terjadi kerjasama dan diskusi yang efektif pada siswa. Serta bagi kepala sekolah diharapkan kerjasamanya dalam menumbuhkan minat baca siswa dengan menyediakan fasilitas berupa buku bacaan anak dan tempat yang nyaman untuk membaca.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |