Implementasi balanced scorecard pada organisasi sektor publik penerima dana hibah di Kota Malang (Studi pada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang) - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi balanced scorecard pada organisasi sektor publik penerima dana hibah di Kota Malang (Studi pada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang)

Windradini, Zaza Rosi (2013) Implementasi balanced scorecard pada organisasi sektor publik penerima dana hibah di Kota Malang (Studi pada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci balanced scorecard dana hibah organisasi sektor publik. Organisasi Sektor Publik merupakan organisasi yang menggunakan dana dari masyarakat melalui pemerintah dengan tujuan utama menyejahterakan masyarakat. Pengukuran kinerja merupakan salah satu alat pengendali bagi organisasi sektor publik untuk meningkatkan kualitas layanan. Fokus utama organisasi sektor publik adalah kualitas layanan dan kepuasan masyarakat sehingga perspektif keuangan tidak dapat digunakan sebagai indikator utama pengukuran kinerja. Balanced Scorecard adalah salah satu pengukuran kinerja yang melihat dari perspektif keuangan dan nonkeuangan sehingga dapat diterapkan pada organisasi sektor publik untuk pengukuran kinerja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif karena bertujuan untuk untuk menggambarkan suatu gejala kondisi atau keadaan sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang sebagai salah satu organisasi penerimana dana hibah diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard. Subjek pada penelitian ini adalah kinerja organisasi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang.Perspektif yang digunakan adalah financial customer and stakeholders perspective internal business process perspective serta employee and organization capacity perspective. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dan sekunder yang diperoleh dari analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja organisasi dari perspektif keuangan dan non keuangan. Dari hasil analisis menunjukkan kinerja organisasi secara umum baik. Hasil dari perspektif customer and stakeholders perspective internal business process perspective serta employee and organization capacity perspective berada pada kriteria baik ditandai dengan hasil dari indikator masing-masing perspektif. Pengukuran kinerja pada perspektif financial kurang baik karena terdapat ketidaktepatan realisasi pelaksanaan anggaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36594

Actions (login required)

View Item View Item