Manajemen kurikulum pada Sekolah Dasar Plus Rashmat di Kota Kediri / Rizky Awalia Larasti - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum pada Sekolah Dasar Plus Rashmat di Kota Kediri / Rizky Awalia Larasti

Larasti, Rizky Awalia (2015) Manajemen kurikulum pada Sekolah Dasar Plus Rashmat di Kota Kediri / Rizky Awalia Larasti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Larasati Rizky Awalia. 2015. Manajemen Kurikulum pada Sekolah Dasar Plus Rahmat di Kota Kediri Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Djum Djum Noor Benty M. Pd (2) Dr. H. Kusmintardjo M. Pd Kata Kunci manajemen kurikulum Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana maka diperlukan manajemen pendidikan agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Manajemen pendidikan dilakukan oleh seluruh warga sekolah yaitu kepala sekolah komite sekolah para guru dan pihak-pihak yang berkaitan dengan sekolah. Salah satu bidang garapan manajemen pendidikan yang berperan penting dalam melaksanakan sistem pendidikan nasional yang terarah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional adalah manajemen kurikulum. Di Indonesia perubahan kurikulum sudah terjadi berkali-kali. SD Plus Rahmat menjalankan dua kurikulum yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum 2013 diterapkan untuk kelas satu dua empat dan lima. KTSP diterapkan untuk kelas tiga dan enam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pelaksanaan dan penilaian kurikulum di SD Plus Rahmat Kota Kediri terdiri atas (1) Perencanaan Kurikulum meliputi (a) penyusunan kalender akademik (b) penyusunan program (program tahunan dan program semester) (c) penyusunan silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP) (d) penyusunan jadwal pelajaran (2) Pelaksanaan Kurikulum meliputi (a) acuan dan pihak yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum (b) kegiatan pembelajaran (c) kegiatan pengembangan diri (d) peningkatan keahlian guru (3) Penilaian Kurikulum meliputi (a) teknik penilaian yang digunakan (b) tindak lanjut dari hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana bertujuan mendeskripsikan beberapa fokus dalam penelitian. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus deskriptif-kasus tunggal. Pada penelitian ini peneliti sebagai instrumen kunci. Informan kunci dalam penelitian ini adalah koordinator bidang kurikulum dan informan tambahan yaitu wakil kepala sekolah koordinator bidang hubungan masyarakat dan kesiswaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara observasi non-partisipan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data display data member check dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi kecukupan referensial dan perpanjangan keikutsertaan. Kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut (1) perencaanaan kurikulum meliputi (a) manajemen kurikulum dilaksanakan berdasarkan konsep MBS (b) kalender akademik yang digunakan adalah dari Dinas Pendidikan Jawa Timur dan sekolah membuat agenda kegiatan khusus (c) program tahunan semester dan silabus yang digunakan adalah dari Dinas Pendidikan Jawa Timur sekolah menjabarkannya menjadi RPP dalam forum KKG (d) jadwal pelajaran disusun dengan prinsip-prinsip penyusunan jadwal pelajaran (2) pelaksanaan kurikulum meliputi (a) pelaksanaan kurikulum melibatkan beberapa personel yaitu kepala sekolah sebagai pihak yang melakukan monitoring guru sebagai pelaksana pembelajaran dan wali murid (b) pembelajaran yang digunakan adalah tematik untuk Kurikulum 2013 pembelajaran langsung dan kooperatif dengan pendekatan scientific dan model pembelajaran KTSP sesuai kondisi kelas (c) pelaksanaan kurikulum terwujud dalam kegiatan pengembangan diri sesuai dengan karakter sekolah dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik (d) peningkatan profesionalitas guru guru diberi pelatihan seperti pelatihan IT pelatihan pemantapan Kurikulum 2013 dan workshop-workshop yang lain untuk lebih memaksimalkan hasil pembelajaran (3) penilaian kurikulum meliputi (a) penilaian kurikulum diukur dari penilaian pembelajaran (b) dalam Kurikulum 2013 penilaian terdiri dari empat macam penilaian kompetensi inti dalam KTSP penilaian dilihat dari nilai ulangan harian UTS UAS dan praktek. (c) penilaian tidak hanya untuk siswa tetapi juga untuk guru yaitu adanya form jurnal pembelajaran (d) untuk siswa jika ditemukan kesulitan maka perlu dilakukan remedial atau pengayaan hasil dari penilaian dilaporkan dalam bentuk raport. Saran dari peneliti yang bisa digunakan sebagai perbaikan yaitu (1) Dinas Pendidikan Kota Kediri lebih memantapkan proses perencanaan dan pengorganisasian (2) Ketua Yayasan Taman Pendidikan Rahmat sebaiknya lebih sering melakukan kontrol ke sekolah terkait dengan manajemen kurikulum (3) Kepala Sekolah membagikan ilmu manajemen sekolah yang baik kepada sekolah lain (4) Tenaga pendidik lebih meningkatkan profesionalitasnya (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan berbagi ilmu manajemen kurikulum kepada sekolah-sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan (6) Mahasiswa Administrasi Pendidikan sebaiknya mengembangkan ilmu manajemen dengan membuat inovasi terkait dengan manajemen kurikulum agar bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia dan (7) Peneliti lain sebaiknya melakukan penelitian dengan kegiatan manajemen yang lebih inovatif dan latar sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item View Item