Pengaruh rasio profitabilitas, rasio pertumbuhan, rasio penilaian pasar terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur food and bevereges yang listing di bursa efek Indonesia tahun 2005-2007 / Gala Ardiansyah

Ardiansyah, Gala (2012) Pengaruh rasio profitabilitas, rasio pertumbuhan, rasio penilaian pasar terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur food and bevereges yang listing di bursa efek Indonesia tahun 2005-2007 / Gala Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Harga Saham, Return On Investment , Price Earning Ratio, Price Book Value Ratio, Earning Per Share, Dividend Per Share. Harga saham merupakan indikator keberhasilan pengelolaan perusahaan, dimana kekuatan pasar ditunjukan dengan terjadinya transaksi perdagangan di pasar modal. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh rasio keuangan terhadap harga saham perusahaan food and beverages yang listing di BEI periode penelitian tahun 2005-2007. Rasio keuangan tersebut adalah Return On Investment (ROI), Price Earning Ratio (PER), Price Book Value Ratio (PBV), Earning Per Share (EPS), dan Dividend Per Share (DPS). Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan Manufaktur yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2005-2007. Kemudian digunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian. Hasilnya, terdapat 12 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, untuk mendapatkan hasil regresi yang baik, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Dari hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial variabel ROI, PBV,dan EPS mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel PER, DPS tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Sedangkan secara simultan variabel ROI, PER, PBV, EPS, dan DPS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Saran bagi investor maupun calon investor harusnya sangat jeli dalam melihat dan menafsirkan rasio-rasio keuangan karena tidak semua rasio mempengaruhi harga saham. Bagi penelitian selanjutnya, selain rasio keuangan diharapkan bisa menambahkan faktor-faktor lain selain rasio keuangan, seperti: tingkat suku bunga, tingkat inflasi, kondisi politik dll. Agar dapat memperkuat teori dan penemuan yang ada sbelumnya, sedangkan bagi perusahaan untuk dapat mengelola perusahaan lebih efektif, efisien dan menguntungkan agar lebih memperhatikan variabel-variabel fundamental seperti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36562

Actions (login required)

View Item View Item